Wujud Ayam ‘Kaki Naga’ Vietnam yang Terkenal Lezat

REUTERS/Minh Nguyen – detikTravel

Kamis, 15 Feb 2024 19:00 WIB

Vietnam – Ayam Dong Tao Vietnam bukanlah ayam broiler biasa. Dengan kaki yang sangat besar dan bersisik, mereka juga dikenal sebagai ayam ‘kaki naga’.

Selama beberapa generasi ayam ini telah menjadi makanan lezat di Vietnam. Dengan berat hingga 6 kg (13 lbs) ketika sudah dewasa, ayam ini dipercaya membawa keberuntungan dan kekayaan bagi pemiliknya, dan merupakan hadiah populer selama Tahun Baru Imlek, atau Tet, demikian sebutannya di Vietnam.

Di pedesaan desa Dong Tao sekitar 30 kilometer (18,6 mil) tenggara Hanoi, tempat ayam-ayam tersebut diternakkan secara eksklusif, peternak unggas Nguyen Thi Hong Nhung adalah generasi ketiga di keluarganya yang memproduksi jenis ayam khusus. Ia mengatakan meskipun ayam ‘kaki naga’ mudah dipelihara karena mengonsumsi pakan yang sama dengan ayam biasa, namun harga ayam ‘kaki naga’ ini memerlukan perhatian ekstra.  

Ayam-ayam tersebut – yang diberi nama berdasarkan desa Dong Tao tempat asal mereka – harus dipelihara selama lebih dari setahun sebelum layak untuk dijual. Semakin tua usia mereka, semakin besar pula pertumbuhan kakinya.    

Ayam Dong Tao akan menghasilkan sekitar 100 telur per tahun, yang kemudian dipisahkan oleh peternak dari unggasnya untuk mencegah mereka menghancurkan telur karena beratnya. Ayam jago mempunyai kandang tersendiri agar tidak berkelahi dan saling melukai sehingga menimbulkan luka.  

Beberapa tahun yang lalu, para peternak mengatakan harga ayam jantan Dong Tao dewasa mencapai $2.000 per ekor. Namun ketika perekonomian melemah dan pasokan unggas meningkat, seekor ayam Dong Tao kini berharga hingga $450 – jumlah yang setara dengan pendapatan sebulan penuh seseorang di Vietnam, menurut laporan pendapatan pemerintah pada tahun 2023. Sekitar 800.000 ekor ayam saat ini diternakkan di Dong Tao dan desa-desa sekitarnya di distrik Khoai Chau di provinsi Hung Yen bagian utara, naik dari sekitar 500.000 ekor pada tahun 2016, menurut para pejabat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *