Wajib Baca! Ini 7 Panduan dan Cara Hidup Agar Sukses di Tahun 2024

Jakarta, CNBC Indonesia – Terlepas dari resolusi Tahun Baru apa yang Anda tetapkan di awal tahun, apakah itu mempelajari bahasa baru atau membaca lebih lanjut, tujuan utamanya mungkin adalah Anda ingin menghabiskan waktu Anda dengan lebih baik.

Untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, Rainer Strack, Mitra Senior di Boston Consulting Group, Susanne Dyrchs, Direktur Asosiasi di BCG, dan Allison Bailey, Mitra Senior dan Direktur Pelaksana di BCG, membuat rencana 7 langkah yang akan membantu Anda menyusun strategi hidup Anda .

“Waktu adalah satu-satunya aset yang tidak dapat kita gandakan,” kata Strack kepada CNBC Make It.

“Waktu terbatas di Bumi ini. Ini adalah sumber daya yang langka, dan oleh karena itu, Anda harus memahami secara konkret apa yang ingin Anda lakukan dengan sumber daya semacam ini.”

Berikut 7 langkahnya:

1. Bagaimana saya mendefinisikan kehidupan yang hebat?

Banyak orang berusaha mencapai tujuan yang mereka yakini untuk mereka capai, seperti menghasilkan lebih banyak uang atau membeli rumah, tanpa memikirkan apa yang sebenarnya bisa membuat mereka bahagia. Ada beberapa poin yang perlu menjadi perhatian

Emosi positif, atau seringnya perasaan senang dan puas
Keterlibatan, atau mengikuti arus, lupa waktu
Hubungan, perasaan saling peduli, dukungan, dan cinta
Tujuan hidup, atau berkontribusi untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik
Prestasi, atau perjuangan untuk sukses atau penguasaan, mencapai tujuan
Vitalitas, atau menjadi sehat dan energik

Beri nilai setiap faktor ini dari 1 hingga 10 berdasarkan seberapa pentingnya faktor tersebut bagi Anda. Ini akan memberi Anda gambaran tentang bagaimana Anda harus menghabiskan energi Anda.

2. Apa tujuan hidup saya?

Untuk menemukan tujuan Anda, Strack menyarankan untuk bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan: Apa kekuatan saya dan apa yang dibutuhkan dunia?

“Biasanya tujuan Anda terletak pada titik temu antara kekuatan Anda dan masalah kemanusiaan seperti apa yang dapat Anda hadapi,” katanya.

Saat memutuskan keterampilan apa yang Anda kuasai, mungkin ada gunanya bertanya kepada teman dan keluarga.

Kemudian, tuliskan pernyataan tujuan. Biasanya tujuan Anda terletak pada titik temu antara kekuatan Anda dan masalah manusia seperti apa yang dapat Anda hadapi.

3. Apa visi hidup saya?

Bayangkan beberapa prioritas atau tujuan dengan tenggat waktu yang longgar.

“Ini bisa berupa tiga, empat, atau lima poin-poin penting dan mengatakan, ‘Ini mungkin beberapa elemen visioner yang ingin saya wujudkan dalam tiga tahun, lima tahun, hingga 10 tahun ke depan,'” kata Strack.

Dia menawarkan beberapa “pertanyaan pemicu” yang dapat membantu Anda “memperluas cakrawala visioner Anda”:

Apa yang akan saya lakukan jika uang tidak menjadi masalah?
Apa yang tidak ingin saya lewatkan dalam hidup saya yang berusia 80 tahun?

Membayangkan jawaban-jawaban ini dapat memandu Anda mengambil keputusan yang menggerakkan Anda menuju tujuan.

4. Bagaimana cara menilai portofolio hidup saya?

“Nomor empat sangat penting, karena di sini semuanya menjadi konkret,” kata Strack.

Seminggu memiliki 168 jam. Tuliskan bagaimana Anda menghabiskan waktu-waktu itu dan bandingkan dengan apa yang Anda yakini dapat membuat hidup menjadi baik.

Jika Anda mengatakan menjaga hubungan itu penting bagi Anda tetapi hanya menghabiskan satu jam seminggu dengan teman-teman, mungkin Anda harus merencanakan untuk mengirim beberapa pesan teks untuk menjaga relasi.

5. Apa yang dapat saya pelajari dari tolok ukur?

Sama seperti sebuah perusahaan rintisan yang mengandalkan praktik terbaik dari perusahaan yang sudah berumur bertahun-tahun, Anda juga bisa melakukannya dengan orang-orang.

Tanyakan pada diri Anda, “Siapa yang saya kagumi?” lalu analisis apa yang membuat mereka mengagumkan bagi Anda. Apakah ini cara mereka menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan sosial? Atau mungkin karena terorganisirnya mereka.

Gunakan contoh-contoh positif dalam hidup Anda untuk menginformasikan bagaimana Anda hidup.

6. Pilihan apa yang dapat saya buat?

“Di sini kelima langkah bersatu,” kata Strack.

Anda menyebutkan apa yang penting bagi Anda dan mengevaluasi bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu Anda. Sekarang, Anda perlu memutuskan elemen kehidupan apa yang ingin Anda ubah, sesuaikan, hilangkan, atau lanjutkan.

“Dari daftar ide yang panjang ini, Anda berkomitmen pada beberapa pilihan strategis,” katanya.

Mungkin Anda menyukai banyaknya waktu yang Anda habiskan di acara sosial, tetapi merasa tidak cukup berdedikasi untuk bekerja. Atau mungkin Anda merasa hubungan romantis Anda menyita waktu dari persahabatan Anda, dan Anda ingin mendedikasikan lebih banyak waktu untuk orang yang bukan pasangan Anda.

7. Bagaimana saya bisa memastikan perubahan hidup yang sukses dan berkelanjutan?

“Banyak orang punya ide bagus untuk tahun 2024, tapi banyak orang yang gagal,” kata Strack.

Untuk memberi diri Anda kesempatan melakukan perubahan, bagikan rencana Anda dengan teman-teman, atau minta mereka untuk bergabung dengan Anda dalam perjalanan Anda. Periksa kemajuan masing-masing.

“Sudah diketahui bahwa jika Anda mempublikasikan rencana Anda, kemungkinan besar Anda akan menerapkannya dalam praktik,” katanya.

Anda juga dapat menentukan “konsekuensi yang merugikan,” kata Strack, jika Anda tidak berupaya mencapai tujuan Anda. Konsekuensinya tidak harus negatif, namun harus memberikan insentif bagi Anda.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Gaya Hidup Sehat Ronaldo: Menu Makan & Olahraga Sehari-hari


(fsd/fsd) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *