Usai Liburan dari Korsel, Penumpang dengan Maskapai Ini Timbang Badan

Jakarta

Maskapai kedua terbesar di Korea Selatan Asiana Airlines akan melakukan analisis keselamatan. Caranya, penumpang akan ditimbang sebelum terbang.

Dilansir dari Vietnam Airlines pada Rabu (24/1/2024), Asiana Airlines menerapkan kebijakan itu mulai Senin (26/1) hingga 31 Januari 2024. Penimbangan itu hanya diterapkan kepada penumpang penerbangan internasional.

Penimbangan dilakukan di pintu keberangkatan Bandara Internasional Gimpo, Gangseo-gu, Seoul, Korea Selatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Prosedur yang dilakukan adalah penumpang diminta untuk berdiri di atas timbangan dengan pakaian lengkap dan tas jinjing. Data penumpang akan dijaga kerahasiaannya dan disimpan secara anonim,” begitulah keterangan dari maskapai.

Penumpang yang keberatan untuk ditimbang diperbolehkan menolak langkah-langkah itu.

Dalam dunia penerbangan, bobot standar digunakan untuk mendistribusikan bobot pesawat dan meningkatkan keselamatan operasional.

Data tersebut juga akan memberikan informasi kepada maskapai mengenai berapa banyak bahan bakar tambahan yang harus dibawa oleh pesawat, mengingat bahan bakar tersebut biasanya memuat sekitar satu persen lebih banyak daripada yang diperlukan.

Kebijakan ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Asiana Airlines pada Desember untuk penumpang penerbangan domestik. Totalnya, ada sekitar 5.000 penumpang yang berpartisipasi.

Selain Asiana Airlines, Korean Air sudah lebih dulu melakukan tren ini. Mereka melakukannya pada Agustus tahun lalu.

Simak Video “Pintu Pesawat Asiana Airlines Terbuka Sebelum Mendarat di Bandara Daegu”[Gambas:Video 20detik](bnl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *