Toilet ‘Sultan’ Rp 95 Miliar di Inggris Dimaling Orang, Pelaku Disidang

London

Toilet ‘sultan’ senilai Rp 95 Miliar yang terbuat dari emas di Inggris dicuri oleh orang. 4 Terdakwa langsung disidang di depan pengadilan.

Pengadilan Inggris mulai mengadili empat terdakwa pencurian toilet ‘sultan’ senilai 4,8 juta pound sterling atau setara Rp 95 miliar.

Toilet Rp 95 miliar yang berhasil dicuri keempat pria tersebut merupakan toilet yang terbuat dari emas 18 karat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tempat buang hajat termahal tersebut dibobol pelaku di Istana Blenheim, Woodstock, tak jauh dari Oxford, Inggris.

Selama persidangan di Pengadilan Oxford Crown di wilayah selatan Inggris, tiga terdakwa yaitu James Sheen, Michael Jones, dan Frederick Sines, mengaku tidak bersalah atas aksi pencurian toilet mewah yang terjadi pada 14 September 2019 itu.

Sementara itu, satu terdakwa lagi bernama Bora Guccuk tidak diminta mengakukan pembelaan atas tuduhan keterlibatannya memindahkan properti antik dan mewah itu.

Polisi menerangkan bahwa para pencuri masuk ke Istana Bkeinheim pada saat Istana Blenheim sedang tutup.

Mereka menggondol toilet mewah tersebut dengan mencopot pipa dari saluran airnya, sehingga menyebabkan kerusakan parah dan banjir.

Toilet mewah karya seniman Italia Maurizio Cattelan pernah jadi daya tarik utama dalam pameran di rumah megah abad ke-18, Blenheim, yang merupakan kelahiran mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Para pengunjung pun diberikan kesempatan memesan slot menggunakan toilet yang tercatat sebagai Warisan Dunia UNESCO itu hanya selama tiga menit demi membatasi antrean.

Total sekitar 100 ribu orang pernah menggunakan toilet itu saat benda antik tersebut dipamerkan di museum Guggenheim, New York pada tahun 2017 silam.

—–

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.

Simak Video “Melihat Toilet ‘Sultan’ di SPBU Sukabumi”[Gambas:Video 20detik](wsw/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *