TikTok Masuk 5 Besar Daftar Media Sosial Terpopuler Dunia pada Awal 2024

Media Sosial dengan Jumlah Pengguna Aktif Terbanyak Global (Januari 2024)

A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar

Berdasarkan laporan terbaru We Are Social, TikTok masuk lima besar daftar media sosial terpopuler di dunia pada awal 2024.

Menurut laporan tersebut, TikTok memiliki 1,56 miliar pengguna aktif hingga Januari 2024. Platform video pendek besutan ByteDance ini naik ke posisi lima dari sebelumnya posisi enam pada Oktober 2023.

Sementara, Facebook masih bertengger di posisi puncak daftar media sosial terpopuler global awal tahun ini. Platform media sosial besutan Mark Zuckerberg tercatat memiliki 3,04 miliar pengguna aktif pada periode yang sama.

Posisi kedua media sosial terpopuler ditempati oleh YouTube. Platform video milik induk Google ini telah memiliki 2,49 miliar pengguna aktif per Januari 2024.

Selanjutnya, Whatsapp dan Instagram berada di urutan ketiga dan keempat dengan sama-sama memiliki 2 miliar pengguna aktif hingga bulan lalu.

Di bawah TikTok, ada Wechat yang memiliki 1,33 miliar pengguna aktif. Lalu, diikuti oleh Facebook Messenger dengan 979 juta pengguna aktif, Telegram 800 juta pengguna aktif, Douyin 752 juta pengguna aktif, dan Snapchat 750 juta pengguna aktif.

Adapun Kuaishou, X (Twitter), Weibo, QQ, dan Pinterest memiliki jumlah pengguna aktif lebih sedikit, seperti terlihat pada grafik di atas.

Menurut We Are Social, secara total ada 5,04 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia per Januari 2024. Angka ini setara dengan sekitar 62,3% dari total populasi global sebesar 8,08 miliar orang.

Jumlah pengguna media sosial global pada Januari 2024 bertambah 75 juta orang atau naik 1,5% secara kuartal (quarter-to-quarter/qtq). Jika dibandingkan secara tahunan, jumlah pengguna aktif media sosial global pada bulan lalu bertambah 266 juta pengguna baru atau naik 5,6% (year-on-year/yoy).

(Baca: Mayoritas Anak Muda Indonesia Gunakan Internet untuk Media Sosial)

Editor :
Padjar Iswara

Data Terkait
Data Stories Terkini
Data Populer

Lihat Semua

Databoks Indonesia (@databoks.id)

Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata
Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *