Terpopuler: Kintamani Diteror Ribuan Lalat, Bikin Merinding!

Kintamani

Kintamani, daerah tujuan wisata di Bali diteror ribuan kawanan lalat. Menparekraf Sandiaga Uno meminta Pemprov Bali untuk segera menindaklanjuti.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyoroti viralnya serbuan ribuan kawanan lalat di Kintamani, Bali. Kawasan itu selama ini dikenal sebagai salah satu destinasi favorit di pulau Dewata.

Ia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk menindaklanjuti serbuan lalat yang sudah mulai mengganggu wisatawan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya minta Pak Kadis (Pariwisata Provinsi Bali) ini ada temuan lalat di Kintamani, segera ditindaklanjuti,” kata Sandiaga dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno (WBSU) yang berlangsung secara virtual, Rabu (10/1/2024).

Sandiaga kemudian menyinggung sertifikasi cleanliness, health, safety, and environmental sustainabilty (CHSE) yang diterapkan sejak pandemi COVID-19.

Sertifikasi CHSE terhadap usaha, destinasi, dan produk pariwisata lainnya itu bertujuan untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Menurut Sandiaga, aspek-aspek yang diatur dalam sertifikasi CHSE itu perlu terus diperhatikan. Ia menyebut sektor makanan lokal Indonesia menjadi salah satu yang dapat diunggulkan. Oleh karena itu, serbuan lalat di kawasan pariwisata harus dicarikan solusi.

“(Street food dan makanan lokal Indonesia) masih tertinggal dari Thailand dan Vietnam. Salah satu aspeknya adalah higiene, dan ini yang kami sasar dari CHSE,” jelasnya.

Kadispar Buka Suara

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengaku sudah mengatensi serbuan lalat di kawasan Kintamani tersebut. Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci terkait upaya mengatasi serbuan lalat itu.

“Sudah menjadi atensi kami,” kata Pemayun singkat.

Serbuan Lalat Ganggu Wisatawan

Menurut pantauan Tim detikBali di lokasi, ribuan lalat terlihat berterbangan di sejumlah lokasi di Kintamani, contohnya seperti di Anjungan Penelokan.

Lalat berkerumun di sejumlah tempat di anjungan tersebut. Salah satunya di gerobak pedagang bakso. Ratusan lalat hinggap di gerobak bakso tersebut. Bahkan, serangga itu berterbangan di antara wisatawan dan pedagang.

“Memang ini lagi musimnya,” tutur pedagang bakso beberapa hari lalu. Menurut dia, lalat mulai banyak saat memasuki Desember.

“Sampai kemaren ga bisa makan. Pas nunggu makan, jumlah lalat ratusan…begitu makanan datang, datang ribuan. Akhirnya ga bisa makan,” tulis Fau, salah satu detikers di kolom komentar.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Sabtu (13/1) kemarin. Selain itu, masih ada berita terpopuler lainnya seperti negar-negara yang bebas visa bagi turis Indonesia, hingga penumpang pesawat yang kelepasan berak di celana.

Berikut Daftar Berita Terpopuler detikTravel, Sabtu (13/1/2024):

1. Kintamani Diserbu Ribuan Lalat, Sandiaga Minta Kadispar Tindaklanjuti

2. Ketika Pesawat Ini Salah Masuk Taxiway, Bandara Jepang Panas Dingin

3. Ini 77 Negara Bebas Visa untuk Turis Indonesia 2024

4. Tarif Parkir Mobil Menginap di Stasiun Kereta Cepat Halim

5. Setengah Jalan Menuju Melbourne, Pesawat Garuda Putar Balik ke Jakarta

6. Turis China Tertipu Preloved Hermes di Thailand, Rp 754 Juta Raib

7. Awalnya Takjub Ada Pesawat Boeing Parkir di Bekasi, Ternyata Bisa Makan Enak, Lho

8. Paus Putih Langka Terlihat di Phuket, Turis Sampai Terpukau

9. AC Pesawat Rusak, Timnas Gambia Tersiksa-Hampir Mati

10. Iyuh! Penumpang Pesawat Kelepasan Berak di Celana, Bikin Resah

Simak Video “Minimarket dengan View Tercantik di Indonesia, Ada di Kintamani Lho!”[Gambas:Video 20detik](wsw/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *