Teror Kutu Busuk Ditunggu-tunggu Warga Athena, Kok Bisa?

Athena

Teror kutu busuk menyusup ke beberapa negara di dunia, Indonesia bahkan mewaspadai kedatangannya. Tapi di Athena, teror kutu busuk malah ‘disambut’ oleh warga.

Dilansir dari Mirror UK, Rabu (13/12/2023) warga menunggu teror kutu busuk itu untuk dijadikan alasan memprotes pemerintah. Warga menuntut harga sewa rumah terjangkau untuk warga.

Ya, saat ini muncul tren pemilik properti lebih senang menyewakan rumah kosong untuk penginapan turis lewat Airbnb, situs penyewaan properti untuk wisatawan, ketimbang menjualnya atau pun disewakan dalam jangka panjang. Kalau pun dijual atau pun dikontrak dalam jangka panjang harganya sangat tinggi. So, penduduk asli yang berniat tinggal jangka panjang di Athena sulit untuk membeli rumah di kota itu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, turis asing menjadi lebih mudah masuk ke Yunani. Itu setelah pemerintah menerapkan golden visa, yakni program residensi dengan investasi yang memungkinkan warga negara non-Uni Eropa memperoleh izin tinggal di Yunani dengan berinvestasi di real estat atau aset lainnya di Yunani yang diluncurkan pada 2013.

Keresahan warga itu sampai membuat aktivis anti-pariwisata menakut-nakuti turis yang datang ke Athena. Nah, dalam poster-poster itu dicantumkan kutu busuk meneror akomodasi Airbnb dan penginapan lainnya di kota tersebut.

Poster itu juga menyebutkan bahwa otoritas kesehatan telah memerintah orang asing untuk dievakuasi agar dapat melindungi kesehatan warga Yunani. Agar turis asing tidak datang, poster itu bahkan menampilkan logo kementerian palsu dan Pemkot Athena.

Kementerian Kesehatan negara telah melakukan inspeksi dan memperingatkan turis bahwa poster itu hanyalah hoax. Kementerian juga mencari bantuan polisi untuk melawan para pembuat hoax.

“Kami telah memberi tahu polisi untuk melakukan apa saja yang diperlukan mengenai hoax itu. Tidak seorang pun diperbolehkan untuk meneror dan memberikan informasi yang salah kepada masyarakat,” begitulah pernyataan Kementerian Kesehatan.

Selama ini Yunani hidup dari pariwisata, sektor ini menyumbang seperlima dari output tahunan negara. Pada tahun 2023, Yunani memperkirakan rekor kedatangan setelah pandemi. Sejauh ini, Yunani belum mencatat adanya masalah besar terkait kutu busuk.

Simak Video “Tips Terhindari Bawa Pulang Kutu Busuk saat Pulang Traveling”[Gambas:Video 20detik](bnl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *