Ternyata Tugas Utama Pramugari Bukan Melayani Penumpang

Jakarta

Pramugari kerap terlihat melayani penumpang seperti menyajikan makanan hingga membantu penumpang yang kesulitan. Padahal, tugas utamanya bukan itu.

Dilansir dari Stuff, tugas utama pramugari adalah memastikan keselamatan penumpang. Menurut US Bureau of Labor Statistics, pramugari bertugas untuk memberikan layanan rutin dan merespons keadaan darurat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang pesawat.

Kendati pramugari memberikan layanan makanan atau minuman, peran mereka sebenarnya tidak untuk memberikan layanan penuh untuk membantu penumpang di pesawat. Penumpang juga diminta untuk tidak mengandalkan pramugari untuk membantu mengangkatkan tas penumpang ke bagasi kabin pesawat dan bertanggung jawab atas barang bawaan sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pramugari dilatih untuk tidak pernah mengangkat bagasi penumpang karena hal itu merupakan penyebab utama cedera,” ucap juru bicara Asosiasi Pramugari-CWA, Taylor Garland, seperti dilansir oleh AFAR.

“Selain risiko ekonomi dan kesehatan bagi pramugari, hal ini juga dapat menyebabkan penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan,” tambahnya.

Namun, hal ini menjadi budaya perusahaan. Kasus lain di Southwest dan Jetblue, pramugari diperbolehkan membantu penumpang, meski tidak dengan mengangkat tas. Contohnya, dengan mengarahkan posisi tas agar bisa menghemat ruang.

Sementara itu, pramugari mengikuti pelatihan untuk menghadapi sejumlah krisis di pesawat, seperti keadaan darurat medis bagi penumpang.

Selain pramugari yang terlatih, FAA (Federal Aviation Administration) menyebutkan bahwa pesawat dilarang terbang kecuali ada peralatan darurat medis di dalamnya.

Kemudian, dalam berita yang dimuat Washington Post. seorang pramugari yang dulunya perawat berhasil membantu penumpang melahirkan bayi dalam penerbangan 11 jam.

Dalam kasus penanganan medis oleh dokter di pesawat, dokter bisa meminta bantuan pramugari untuk hal tertentu, seperti mengambil peralatan medis.

Jika merasa takut, dokter juga bisa berbicara dengan pramugari untuk bekerja sama menyampaikan informasi dan bimbingan untuk para penumpang.

Simak Video “Bikin Laper: Kelezatan Ayam Pramugari yang Digoreng Pakai Cabai”[Gambas:Video 20detik](pin/pin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *