Terjadi Lagi di India, Pesawat Nyangkut di Jembatan

Jakarta

Kejadian pesawat nyangkut terulang kembali di India. Momen yang sama terjadi beberapa tahun lalu.

Menyitir Airlive, Minggu (14/1/2024), dalam sebuah insiden yang tidak biasa, badan pesawat Airbus A320 Air India yang sudah tidak beroperasi ditemukan berada di bawah jembatan. Lokasinya di Piprakothi di Motihari, Bihar, India.

Pesawat yang dipensiunkan dari layanan pada tahun 2021 ini sedang dalam perjalanan dari Mumbai ke Assam. Seorang pengusaha telah membelinya di pelelangan dengan rencana untuk mengubahnya menjadi sebuah restoran bertema pesawat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada tanggal 29 Desember 2023, cangkang pesawat diangkut dengan sebuah truk besar. Namun, kesalahan perhitungan selama perjalanan mengakibatkan badan pesawat terjepit di bawah jembatan, membuat lalu lintas di jalan yang sibuk itu terhenti.

Kerumunan warga setempat berkumpul untuk menyaksikan situasi yang tidak terduga saat upaya dilakukan untuk membebaskan pesawat dan truk tersebut. Visual dari insiden tersebut beredar di media sosial yang menunjukkan pesawat yang terjebak di bawah jembatan.

Upaya untuk mengeluarkan badan pesawat termasuk mengempiskan ban trailer, dengan penduduk setempat dan pengemudi truk mengulurkan tangan.

Insiden ini bukanlah yang pertama kali terjadi dalam pengangkutan pesawat Air India A320 yang sudah tidak beroperasi. Kejadian serupa dilaporkan pada bulan November tahun sebelumnya, dengan sebuah pesawat yang terjebak di bawah jalan bawah tanah di Andhra Pradesh.

Pada bulan Oktober 2021, sebuah pesawat Air India A320 lainnya mengalami nasib yang sama, terjebak di bawah jembatan dekat Bandara Delhi selama perjalanannya ke pemilik baru.

Tantangan yang dihadapi dalam memindahkan pesawat yang dinonaktifkan menyoroti kerumitan dalam mengangkut badan pesawat besar melalui jalan raya dan perlunya perencanaan yang cermat untuk menghindari insiden semacam itu.

Simak Video “Penampakan Bangkai Pesawat Tempur yang Ditemukan Nelayan Lamongan”[Gambas:Video 20detik](msl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *