Teks Misa Hari Minggu 17 Desember 2023 Masa Adven III Tahun B

Oleh: P. Petrus Cristologus Dhogo, SVD

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE – Mari simak Teks Misa Hari Minggu 17 Desember 2023.

Teks misa hari minggu untuk Masa Adven III Tahun B.

Teks misa hari minggu disusun oleh Pater Petrus Cristologus Dhogo, SVD dari Seminari Tinggi Ledalero, Maumere.

Ikuti misa hari minggu dengan penuh iman.

Baca juga: Injil Katolik Sabtu 16 Desember 2023 Lengkap Mazmur Tanggapan

Para Petugas Liturgi berkumpul di sakristi. Pada meja perayaan disiapkan lilin bernyala yang mengapiti salib. Untuk bacaan, siapkan Alkitab. Untuk nyanyian, bisa siapkan buku nyanyian.Sedapat mungkin, untuk kekhusukan suasana, alat-alat komunikasi dimatikan. Ketika memulai, Pemimpin (P) berkata, “Penolong kita ialah Tuhan”, dan yang lain menyahut, “Yang menjadikan langit dan bumi”.Kemudian dinyanyikan lagu pembuka untuk masa Adven;NB. Keterangan tentang lagu diberi warna ungu.

01. TANDA SALIB DAN SALAM

P : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. U : Amin. P : Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus beserta kita. U : Sekarang dan selama-lamanya.

02. KATA PEMBUKA

P : Minggu ketiga Masa Adven ini adalah minggu gembira (gaudete), Gereja mengajak kita untuk bergembira karena kedatangan Penyelamat kita sudah dekat. Bacaan pertama yang diambil dari kitab Yesaya memperlihatkan kepada kita tentang kedatangan Hamba Tuhan yang menjadi Penyelamat. Ia datang untuk membebaskan dan menghibur yang berkabung. Untuk itu, kita patut bersukaria. Dalam bacaan kedua, Rasul Paulus mengajak kita untuk senantiasa waspada namun tetap gembira atau tetap bersukacita dalam Tuhan. Kita wajib mengucapkan syukur atas semua yang kita peroleh dari Tuhan. Kita juga diajak untuk menjauhkan diri dari kejahatan agar ketika Tuhan datang, kita didapatinya bersih dan layak untuk menyambut-Nya. Dalam bacaan Injil, kita akan mendengarkan kisah tentang Yohanes Pembaptis. Banyak orang mengira apakah dia adalah penyelamat yang dinantinantikan, namun ia menjawab bahwa ia hanyalah orang kecil yang mempersiapkan jalan bagi Sang Penyelamat. Semoga kita bisa menjadi Yohanes Pembaptis satu bagi yang lain, yang saling menolong mempersiapkan hati kita menyambut kedatanganNya. [hening sejenak]

03. TOBAT DAN PERMOHONAN AMPUN

P : Di hadapan Tuhan yang datang dan kini hadir di tengah kita, marilah menyesali dan mengakui segala dosa, serta memohon ampun atas segala kekurangan kita supaya pantas bertemu dengan Dia dan layak merayakan Sabda penyelamatan-Nya.U : Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu, saya mohonkepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita. P : [Dengan tangan terkatup] Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.U : Amin.

[TANPA KEMULIAAN]

04. DOA PEMBUKA

P : Marilah kita berdoa, [hening sejenak] Allah yang mahakuasa dan kekal, kami bersyukuratas kedatangan Putra-Mu ke dunia untuk menyelamatkan kami. Semoga kami dapat mempersiapkan hati kami dengan baik sehingga kami dapat dengan gembira menyambut kedatangan-Nya Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.U : Amin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *