Suka Cita Warga Maroko Rayakan Tahun Baru Amazigh

AP Photo – detikTravel

Selasa, 16 Jan 2024 17:00 WIB

Maroko – Maroko merayakan liburan resmi Tahun Baru Amazigh yang pertama. Warga pun merayakannya dengan suka cita.

Orang-orang merayakan Tahun Baru Amazigh, yang dikenal sebagai Yennayer, di Rabat, Maroko, Minggu (14/1/2024).  Setelah berkampanye tanpa henti selama beberapa dekade, masyarakat Amazigh Maroko yang juga dikenal sebagai Berber, merayakan Tahun Baru.

Tanggal 14 Januari telah ditetapkan sebagai hari libur resmi di Maroko menyusul keputusan yang diambil pada Mei lalu oleh Raja Mohammed VI sendiri. Perubahan ini terjadi setelah bertahun-tahun gerakan Amazigh melakukan advokasi.

Maroko adalah negara Afrika Utara kedua yang mengakui Tahun Baru Amazigh sebagai hari libur umum setelah Aljazair melakukannya pada tahun 2017. Keputusan kerajaan itu dibuat dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh istana kerajaan. Dimasukkannya hari libur tersebut ke dalam kalender resmi adalah bagian dari pengakuan Amazigh sebagai “komponen penting dari identitas Maroko.”

Di ibu kota Maroko, Rabat, orang-orang turun ke jalan pada hari Minggu untuk memperingati hari raya tersebut, yang juga dikenal sebagai Yennayer. Mereka mengenakan kostum tradisional dan menyiapkan hidangan Amazigh, sementara rombongan tradisional menampilkan musik Berber.

Perayaan Tahun Baru Amazigh tidak hanya terbatas di Rabat saja. Itu terjadi di seluruh Maroko, termasuk di resor selancar Taghazout, dekat Agadir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *