Simak! 5 Cara Gampang Klaim ‘Garansi Bebas Pengembalian’ di Shopee

Jakarta, CNBC Indonesia – Platform e-commerce Shopee memperkenalkan program Garansi Bebas Pengembalian yang memungkinkan pembeli melakukan pengembalian barang dengan alasan ‘berubah pikiran’. Dalam program ini, ongkos kirim pengembalian barang juga akan ditanggung sepenuhnya oleh Shopee.

Kehadiran Garansi Bebas Pengembalian dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen yang masih sering merasa ragu untuk berbelanja online. Sebagian konsumen ini memiliki kekhawatiran bahwa kondisi barang yang dipesan secara online tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Program ini pun diharapkan menjadi solusi tambahan yang menawarkan keamanan ekstra bagi para pembeli di Shopee dan membantu meningkatkan potensi penjualan bagi para penjual.

Berikut hal wajib yang perlu diperhatikan pembeli untuk memastikan permintaan garansi bebas pengembalian disetujui.

1. Jaga Label Produk/Merek Tersegel dengan Baik

Pastikan label produk atau merek masih tersegel dengan baik seperti saat barang dikirim oleh penjual. Jangan merusak atau melepaskan label tersebut karena hal ini dapat menyebabkan barang tidak dapat ditukar kembali.

2. Pastikan Produk dalam Kondisi Sama saat Diterima

Kembalikan produk dalam kondisi sama seperti yang dikirimkan oleh penjual. Jaga kondisi produk dengan baik, pastikan produk tidak berbau, tidak kotor, tidak ada noda, dan tidak ada perubahan bentuk maupun ukuran.

3. Jangan Gunakan Produk Sebelum Dikembalikan

Terakhir, pastikan produk masih dalam kondisi yang sama seperti saat dikirim penjual. Dalam hal ini pembeli tidak dapat menggunakan produk hanya untuk kepentingan pribadi, lalu mencoba mengembalikan produk tersebut ke penjual menggunakan Garansi Bebas Pengembalian.

Foto: dok Istimewa

4. Sertakan Semua Dokumen yang Diperlukan

Jangan lupa untuk menyertakan kartu keaslian atau garansi produk yang diberikan oleh penjual. Dokumen ini penting untuk membuktikan keaslian dan kondisi produk.

5. Jangan Buka Kemasan yang Rusak

Hindari membuka kemasan jika sudah terindikasi rusak saat diterima. Tandai kemasan produk dengan instruksi “Jangan dibuka jika kemasan rusak” untuk memastikan Garansi Bebas Pengembalian tetap berlaku.

Selain menerapkan aturan yang ketat, Shopee juga memiliki sistem internal yang proaktif melakukan penilaian terhadap setiap profil Pengguna Shopee. Pengguna yang terbukti melakukan penyalahgunaan terhadap Program Garansi Bebas Pengembalian akan mendapatkan sanksi.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


W.Essentiels Hadirkan Koleksi Terbaru di Shopee 12.12


(dpu/dpu) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *