Seorang Penumpang Air India Menderita Campak, Australia Geger

Jakarta

Dinas Kesehatan New South Wales heboh setelah satu penumpang Air India AI 302 dari Delhi ke Sydney pada Sabtu (20/1/2024) terkena campak. Warga diminta vaksin.

Diberitakan news.com.au, Jumat (25/1/2024) penumpang yang dipastikan terkena dampak itu adalah traveler dewasa yang pulang dari perjalanan Asia dan Eropa. Dia menumpang pesawat Air India yang mendarat di Bandara Internasional Sydney.

Direktur Cabang Penyakit Menular untuk Kesehatan NSW, Dr Christine Selvey, menyebut penumpang lain dalam penerbangan yang sama dan berada di terminal yang sama di Bandara Sydney, serta bus yang sama dengan penumpang itu diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan sesegera mungkin. Dia mengatakan penting untuk mewaspadai gejala campak yang muncul.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut warga yang diminta melakukan pengecekan kesehatan dan mewaspadai gejala campak yang muncul:

1. Penerbangan Air India AI 302 dari Delhi ke Sydney, tiba di Sydney pada hari Sabtu 20 Januari pukul 08.10 pagi,

2. Bandara Sydney – Terminal 1 Kedatangan Internasional (termasuk pengambilan bagasi dan bea cukai) dan Bay 9, ruang bus dan bus, pada pagi hari tanggal 20 Januari.

3. Murrays Bus Sydney menuju Canberra Express, berangkat dari Bandara Internasional Sydney sekitar pukul 10.30 pada 20 Januari. ACT Health menghubungi para penumpang yang menggunakan layanan bus ini.

Bagaimana gejalanya?

Campak adalah penyakit virus yang dapat dicegah dengan vaksin. Penyakit ini menyebar melalui udara ketika seseorang yang mengidap penyakit ini batuk atau bersin. Penyakit ini masih menjadi penyebab umum kematian pada anak di bawah usia 5 tahun di beberapa belahan dunia.

Gejala mungkin muncul antara tujuh hingga 18 hari setelah terpapar. Adapun gejalanya yang dirasakan mencakup demam, pilek, sakit mata hingga batuk. Dan biasanya diikuti tiga atau empat hari kemudian dengan ruam merah dan bercak yang menyebar dari kepala ke seluruh tubuh.

Warga Australia pun diimbau untuk memeriksakan dirinya dan memastikan telah menerima vaksin campak dengan seharusnya.

“Siapapun yang lahir pada atau setelah tahun 1966 perlu memastikan bahwa mereka telah menerima dua dosis vaksin campak, hal ini sangat penting sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, karena wabah campak sedang terjadi di beberapa wilayah di dunia saat ini,” NSW Health mengimbau.

Simak Video “Ada Indonesia, Berikut Daftar Negara yang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023”[Gambas:Video 20detik](sym/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *