Rekomendasi Wisata Muslim-friendly di Seoul yang Wajib Dikunjungi!

Jakarta– Korea sering kali menjadi tempat impian untuk berlibur. Apalagi bagi mereka yang menyukai K-Pop dan K-Drama.

Dikutip dari tradingeconomics, kedatangan wisatawan di Korea meningkat menjadi 1.032.188 orang pada Juli 2023 dari 960.638 orang pada bulan Juni 2023. Banyaknya jumlah wisatawan tentunya tak lepas dari berbagai atraksi seru, kuliner lezat, hingga keindahan wisata alam yang dihadirkan negeri ginseng ini.

Bukan hanya itu, Korea juga terbilang sebagai destinasi ramah terhadap wisatawan muslim atau muslim-friendly. Jadi, bagi traveler yang beragama Islam tidak perlu khawatir berlibur ke Korea, termasuk Seoul. Berikut beberapa wisata ramah muslim yang bisa traveler kunjungi saat ke Seoul.

1. Seoul Central Mosque

Destinasi pertama yang wajib dikunjungi adalah Seoul Central Mosque atau Masjid Pusat Seoul yang terletak di distrik Yongsan-gu, Itaewon. Masjid ini merupakan yang terbesar dan tertua di Seoul. Seoul Central Mosque mulai digunakan pada tahun 1976.

Adapun tujuan dari dibangunnnya masjid ini karena populasi muslim di Korea yang mulai meningkat tak lama setelah Perang Korea pada tahun 1950-an. Setelah perang Korea selesai, beberapa orang Turki yang bertugas di Korea, selain melanjutkan tugasnya sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB, mereka mulai mengajarkan tentang Islam kepada penduduk asli.

Selanjutnya mereka mendirikan asosiasi ‘Korean Muslim Federation atau Federasi Muslim Korea’ yang memiliki peran penting dalam mendirikan Seoul Central Mosque. Menariknya, masjid ini tidak hanya digunakan sebagai tempat salat, tetapi juga pusat dakwah dan pendidikan. Mengingat mayoritas muslim Korea merupakan kaum imigran, khutbah Jumat, Idul Fitri, dan Idul Adha di masjid ini disampaikan dalam tiga bahasa, yaitu Arab, Inggris, dan bahasa Korea.

Uniknya lagi, ada tulisan arab Allahu Akbar yang menjadi ciri khas masjid ini. Untuk masuk ke masjid yang bisa menampung 800 orang ini, wisatawan harus menaiki 28 anak tangga terlebih dahulu.

2. Eid Restaurant

Dok. Korea Tourism Organization

Tak jauh dari Seoul Central Mosque, traveler bisa mengunjungi Eid Restaurant di 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul. Eid merupakan satu restoran di Korea yang memperoleh sertifikat halal dari Korean Muslim Federation.

Eid Restaurant hanya menghadirkan empat hidangan Korea. Seluruh hidangan dibuat dengan memperhatikan standar proses persiapan makanan halal, mulai dari cara penyembelihan hewan maupun kandungan bahan. Bahkan, pemilik dan chef restoran juga harus muslim.

Saat berkunjung ke sini, pastikan traveler mencicipi menu khas mereka yakni, beef bulgogi, braised chicken dan ginseng chicken soup. Berbeda dari restoran Korea pada umumnya, Eid menyajikan ginseng chicken soup dan beef bulgogi menggunakan bahan sekaligus teknik sesuai aturan Islam.

3. MAKAN Restaurant

Tempat makan halal lainnya yang bisa dikunjungi adalah MAKAN Restaurant di 52, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul. Meski mengusung nama ‘makan’ yang berasal dari Indonesia, namun restoran ini tidak menyediakan menu masakan Indonesia.

MAKAN menyediakan makanan korea halal mulai dari bulgogi bibimbap, ojingeo bulgogi, tteok galbi (grilled rib patties) hingga saengseon gui (grilled fish). Meski menyediakan menu makanan Korea, MAKAN telah memiliki Self-Certified Halal, yang artinya semua makanan yang dijual disertifikasi halal oleh pemilik restorannya sendiri.

4. Cairo BBQ

Dok. Korea Tourism Organization

Sesuai namanya Cairo BBQ merupakan restoran otentik Mesir yang menyajikan makanan halal dan muslim-friendly. Terletak di 45, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul, restoran ini menjadi pilihan populer bagi traveler yang sedang mencari makanan lezat tanpa takut menguras kantong.

Restoran ini juga sudah Self-Certified Halal, di mana semua makanan yang dijual telah disertifikasi halal oleh pemilik restoran. Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk mencoba hidangan khas mereka yakni, duck mixed, egyptian koshary, dan molokhia with meat.

Dok. Korea Tourism Organization

Nah, itulah beberapa destinasi halal yang bisa traveler kunjungi saat berada di Seoul. Agar liburan makin praktis tanpa harus pusing memikirkan destinasi halal lainnya, traveler bisa memanfaatkan paket Halal Tour Korea by Asiana Airlines dari Myhajiumroh. Selain mengunjungi tempat-tempat di atas, traveler juga akan diajak untuk mengunjungi tempat menarik lainnya seperti Bada Hyanggi Theme Park, Nojeckbong Fall Park, hingga Seoul N-Tower.

Nggak cuma itu, traveler juga akan mengunjungi Nami Island, yang merupakan tempat shooting drama Winter Sonata untuk belajar membuat kimbab. Ada pula wisata ke ke Bukchon Hanok Village untuk menikmati perumahan tradisional dan berbelanja ke tempat pusat berbelanja di Dongdaemun.

Dan yang terpenting, selama perjalanan, traveler juga akan dihidangkan makanan halal dan salat di musala atau masjid setiap harinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera booking perjalananmu ke Korea bersama Myhajiumroh.
(adv/adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *