Ratusan WNI dan Mitra Driver Gojek Sambut Jokowi di Hanoi

Jakarta, CNBC Indonesia – Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) dan para mitra driver Gojek antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Vietnam pada Kamis 11 Januari 2024.

Tampak dari tayangan resmi akun Youtube Sekretariat Presiden, kunjungan ke Hanoi, Ibu Kota Vietnam, itu dilakukan setelah Presiden Jokowi menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Manila, Filipina.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan delegasi mendarat di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, sekitar pukul 14.45 waktu setempat.

Dari bandara, Presiden Jokowi langsung menuju hotel tempatnya bermalam di Hanoi.Presiden tiba di Hotel Melia Hanoi pukul 15.35 waktu setempat dan langsung disambut keriuhan massa yakni WNI dan para mitra driver Gojek yang sudah antusias menunggu kedatangan Kepala Negara.

Para mitra driver Gojek di Vietnam ini pun berinisiatif melakukan flashmob goyang gacor. Gerakan goyang sederhana ini terinspirasi dari gerakan mengendarai kendaraan roda dua dan diharapkan menjadi penyemangat para mitra dalam mendapatkan order dan mencari rezeki. Gacor biasa diistilahkan untuk menggambarkan sesuatu yang hebat atau keren atau lazim disebut gampang cari orderan.

Foto: Tangkapan layar Youtube Biro Setpres

Presiden pun sempat berbincang dengan Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Patrick Walujo, lalu ikut melakukan flashmob goyang gacor beberapa menit bersama WNI dan para mitra driver Gojek.

Setelah itu Presiden Jokowi disambut oleh Konsul Jenderal Ho Chi Minh City Agustaviano Sofjan, General Manager Hotel Melia Hanoi Santiago Cabre, staf KBRI Hanoi, dan sejumlah masyarakat dan diaspora Indonesia.

Kunjungan Presiden ke Vietnam kali ini adalah bagian dari rangkaian lawatan ke dua negara lainnya yakni Filipina dan Brunei Darussalam sejak 9 Januari hingga 14 Januari mendatang untuk mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama dengan Indonesia.

Mengacu data Kadin Indonesia dan Vietnam Chamber of Commerce and Industry per Maret 2023, Gojek termasuk salah satu dari 40 perusahaan asal Indonesia yang beroperasi di Vietnam.

Patrick Walujo mengatakan, bahwa kehadiran salah satu layanan on-demand services GoTo di Vietnam merupakan salah satu bentuk nyata bahwa solusi dan teknologi asal Indonesia untuk mendukung mobilitas, mampu membawa dampak positif bagi masyarakat di berbagai negara.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan pemerintah Indonesia dan pemerintah Vietnam dalam mendorong ekspansi perusahaan nasional di Vietnam,” kata Patrick, dalam keterangan resmi yang disampaikan, Kamis ini (11/1/2024).

Presiden Layanan On-Demand Services (Gojek), Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan, bahwa layanan Gojek di Vietnam disambut baik oleh masyarakat lokal. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya jenis layanan dan area jangkauan yang semakin luas.

“Bahkan layanan GoFood dengan cepat telah menjadi salah satu penyedia utama di layanan pesan-antar makanan di Vietnam. Lebih dari 1 juta pilihan menu sekarang sudah tersedia di layanan GoFood Vietnam,” jelasnya.

Berdasarkan data Gojek, sejak hadir pada 2018 di negeri itu, Gojek telah beroperasi di dua kota utama yaitu Ho Chi Minh City dan Hanoi, serta beroperasi di Provinsi Binh Duong dan Dong Nai. Hanya dalam waktu 5 tahun, mitra Gojek di Vietnam telah mencapai lebih dari 200 ribu mitra driver dan puluhan ribu mitra usaha kuliner (merchant).

“Gojek telah memberikan kami kesempatan untuk meningkatkan peluang pendapatan dan memperbaiki kesejahteraan kami. Sebagai mitra driver, kami dapat mengoptimalkan waktu untuk meningkatkan kualitas hidup kami demi memenuhi kebutuhan keluarga,”kata Nguyen Dinh Thang, salah satu mitra driver Gojek di Vietnam.

“Sejak bergabung dengan platform Gojek di Vietnam, saya sangat mengapresiasi dampak sosial secara positif yang telah perusahaan hadirkan selama beberapa tahun terakhir ini. Pekerjaan ini sangat menarik dan penuh makna bagi saya, karena saya dapat bertemu dan membuat orang tersenyum setiap harinya,” tambahnya.

Wajah bahagia juga dirasakan Muhammad Ismail, mitra driver Gojek dari Indonesia, yang turut berkesempatan hadir bersama rombongan menyambut Presiden Jokowi.

“Senang rasanya bertemu dengan Presiden Jokowi langsung dan teman-teman mitra driver Gojek di Vietnam. Kami berharap kehadiran Gojek di mana pun, baik di Indonesia, di Vietnam, dan negara lain bisa memberikan kontribusi dan manfaat, tak cuma untuk kami driver, tapi juga konsumen dan para pengguna yang terus menggunakan layanan Gojek,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Jadi Mitra Gojek Penghasilan Tambah Lompat Jutaan Rupiah


(dpu/dpu) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *