Ranu Kumbolo, Danau Romantis dan Mitos Ikan Mas Jelmaan Dewi

Lumajang

Ranu Kumbolo menjadi bagian ikonik dari Gunung Semeru. Danau ini memang sangat cantik sehingga sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari jurnal milik Universitas Brawijaya, Ranu Kumbolo terletak di jalur pendakian Gunung Semeru. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Adapun kawasan TNBTS masuk ke empat wilayah kabupaten di Jawa Timur, yakni Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo. Luas areanya sebesar 50.276,3 hektare.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ranu Kumbolo merupakan satu dari empat telaga yang ada di TNBTS. Akan tetapi, danau seluas 15 hektare inilah yang paling banyak disinggahi oleh para pendaki Gunung Semeru.

Berlokasi di kaki Gunung Semeru, Ranu Kumbolo diperkirakan berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Ada sejumlah cerita mistis yang beredar mengenai Ranu Kumbolo. Salah satunya tentang ikan mas yang merupakan jelmaan seorang dewi.

Dikutip dari catatan detikcom, dewi penunggu Ranu Kumbolo ini dikatakan kerap muncul di tengah danau dan menampakkan diri di hadapan para pendaki yang berkemah di pinggiran danau.

Dikabarkan, sang dewi mengenakan kebaya berwarna kuning dan waktu kemunculannya terjadi pada tengah malam bulan purnama.

Bila melihat gumpalan kabut tebal yang berputar-putar di tengah Ranu Kumbolo, konon itulah kedatangan dewi penunggu.

Selain tentang Ranu Kumbolo, ada pula mitos tentang tanjakan cinta yang letaknya tidak jauh dari danau tersebut.

Dari kabar yang beredar, jika pendaki dapat mencapai puncak Mahameru sambil memikirkan pasangannya dan tanpa menoleh ke belakang maka mereka bisa memiliki cerita cinta yang bahagia.

***

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak Video “Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik 500 Meter”[Gambas:Video 20detik](bnl/bnl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *