Rambut Turis Rontok Parah Usai Renang di Danau Australia, tapi Dibantah Ahli

K’gari

Seorang turis menceritakan pengalaman buruknya saat berenang di salah satu danau yang terkenal di Australia. Namun pendapatnya dipatahkan langsung oleh ahli.

Dilansir dari Yahoo News, Kamis (7/12/2023) turis asal Skotlandia mengatakan rambutnya rontok parah setelah berenang di Danau McKenzie di K’gari pada hari Sabtu. Saat mandi pada hari itu, dia menemukan rambutnya rontok parah.

Setelah menyadari iu, dia pun berbagi cerita di media sosial dan memperingatkan wisatawan lain agar hati-hati.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Keasaman danau menyebabkan rambut kami rontok,” ujarnya secara online.

Namun klaim itu diragukan oleh seorang peneliti air di Western Sydney University, Ian Wright. Ia ragu berenang di danau air tawar menjadi penyebab masalah pada rambutnya.

“Saya sudah beberapa kali melakukan perjalanan ke K’gari, baik untuk liburan maupun untuk penelitian. Kalau memikirkan air bersih, saya menganggapnya sebagai surga,” ujarnya.

Wright menjelaskan bahwa meskipun air di Danau McKenzie bersifat asam, namun konsentrasi garam dan mineralnya sangat rendah. Air dengan kandungan mineral rendah, seperti kalsium dan magnesium, dikenal dengan sebutan ‘air lunak’. Dan air lunak umumnya dikenal baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

“Saya bukan ahli kesehatan, namun saya pernah mendengar orang mengatakan kepada saya, bahwa rambut mereka tidak pernah senyaman saat mereka berenang di danau itu,” lanjut Wright.

Hal yang sama juga diungkapkan Dermatolog dan Profesor Deshan Sebaratnam di UNSW. Dia juga berpendapat bahwa kerontokan rambut Gillon tidak mungkin disebabkan oleh air K’gari.

“Ada banyak penyebab rambut rontok, mulai dari perubahan terkait usia hingga masalah organ dalam. Kecil kemungkinan air yang Anda gunakan saat berenang atau mandi menyebabkan rambut rontok,” katanya.

“Ada situasi tertentu (misalnya, air yang mengandung klor tinggi) di mana rambut mungkin rusak karena paparan air, namun kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kebotakan yang sebenarnya,” tambahnya.

Meskipun ini bukan sesuatu yang dapat dikonfirmasi secara ilmiah, namun banyak juga wisatawan yang mengalami hal yang sama.

“Rambutku jelek sekali sejak aku berada di Aus. Untung bukan hanya aku!!” tulis seorang netizen.

“Ya ampun, punyaku juga sama!! Sampai di sini dua minggu yang lalu dan banyak rontok, tidak pernah terjadi sampai aku datang ke sini!!! (sic)” sahut yang lain.

Namun banyak juga yang mengaku, belum pernah mendengar tentang rambut rontok karena berenang di danau tersebut.

Simak Video “Australia Bakal Larang Impor Vape Sekali Pakai Awal 2024”[Gambas:Video 20detik](sym/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *