Ramai! 7,7 Juta Wisatawan Main ke Kota Bandung Sepanjang 2023

Bandung

Bukan rahasia lagi, Bandung selalu jadi favorit wisatawan untuk berakhir pekan, terutama bagi yang berdomisili dari Jabodetabek. Tercatat, sepanjang 2023, sebanyak 7,7 juta orang berlibur di Bandung.

Data ini diungkapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung. Kunjungan itu terjadi sepanjang tahun 2023 dengan rincian 95 persen wisatawan nusantara dan 5 persen wisatawan mancanegara.

Jumlah ini mengalami peningkatan. Disbudpar Bandung mencatat, kunjungan pada 2022 diperkirakan mencapai 6,6 juta, dan sekarang di tahun 2023 naik 17 persen.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Perhitungan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung selama tahun 2023 menembus di angka 7,7 juta wisatawan,” katanya Kadisbudpar Kota Bandung Arief Syaifudin, Sabtu (20/1/2024).

Arief menambahkan, data wisatawan itu dihimpun berdasarkan jumlah hunian hotel di Kota Bandung selama tahun 2023. Menurutnya, peningkatan ini terjadi karena Pemkot Bandung menggelar sejumlah event yang mendongkrak angka kunjungan wisatawan.

“Tahun lalu kami membuat ‘Calendar of Event (CoE) 2023’ dengan berbagai kegiatan berhasil menjadi penguat pasar seperti Asia Afrika Festival dan lain sebagainya. Itu cukup berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan,” kata Arief.

Kemudian, peningkatan wisatawan ke Bandung juga disumbang oleh kehadiran Kereta Cepat Whoosh. Sejak dioperasikan pada 17 Oktober 2023, Arief menyatakan Whoosh telah memberikan efek besar terhadap kunjungan wisatawan.

“Kalau sekarang memang Kereta Cepat Whoosh memberikan dampak banyak. Dari jumlah wisatawan khususnya dari area Jabodetabek, mereka ingin mencoba Whoosh ke Bandung hanya berkuliner saja,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di detikjabar.

Simak Video “Dua SD di Kota Bandung Terendam Banjir”[Gambas:Video 20detik](sym/sym)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *