Produk Ekraf Lokal Mejeng di Pameran Haji dan Umrah Terbesar Arab Saudi

Jakarta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, memboyong produk ekonomi kreatif RI ke Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition 2024. Pameran haji dan umrah terbesar ini berlangsung pada 9-11 Januari 2024 di King Abdulaziz International Airport, Jeddah, Arab Saudi.

Sandiaga mengatakan pihaknya menghadirkan 19 pelaku ekraf Tanah Air, dengan harapan dapat mendorong kebangkitan ekonomi RI, di sisi lain membuka peluang usaha.

“Kami secara resmi diundang oleh Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Arabia untuk turut berpartisipasi aktif dalam pertukaran informasi produk parekraf dalam penyelenggaraan event ini bersama dengan 19 pelaku usaha sektor ekonomi kreatif karya anak bangsa,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sandiaga berharap partisipasi pelaku ekraf dalam pameran internasional tersebut dapat menciptakan ekosistem usaha parekraf, khususnya wisata ramah muslim. Apalagi Hajj and Umrah Services Conference and Exhibition tahun ini dihadiri oleh 105.000 pengunjung, 83 menteri dan delegasi petinggi kenegaraan.Selain itu, acara juga diramaikan oleh 360 partisipan dan mencapai 200 lebih nota kesepakatan.

“Yang pasti akan berkontribusi bagi pengembangan ekosistem wisata ramah Muslim di Indonesia,” katanya.

Pihaknya berharap kegiatan ini menjadi etalase bagi parekraf Nusantara. Dia pun menjelaskan besarnya potensi wisata ramah muslim. Bahkan nilai investasinya saat ini mencapai US$ 3-4 miliar atau sekitar Rp 45-60 triliun.

“Kami berkomitmen memfasilitasi industri parekraf Indonesia dan berharap momen ini dapat menjadi sarana efektif untuk memasarkan produk, menjalin kerja sama antar negara, dan menggali ekosistem usaha parekraf ramah Muslim seperti apa yang dapat meningkatkan neraca dagang Indonesia,” tuturnya.

(akd/ega) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *