Potret Pendaki Perempuan Pertama Indonesia Penakluk Kutub Selatan

Dok. Instagram/@putri.handayani22 – detikTravel

Kamis, 18 Jan 2024 17:01 WIB

Jakarta – Pendaki perempuan asal Indonesia mampu mencapai titik paling selatan bumi di Kutub Selatan, benua beku. Ia bernama Putri Handayani.

Menyitir Antara, Kamis (18/1/2024), Putri adalah pendaki gunung asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Ia berhasil mencapai titik paling selatan bumi di 90°S pada hari Kamis, 28 Desember 2023 pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chile.

Putri berhasil mencapai kutub selatan setelah 8 hari (21-28 Desember) berjalan dengan menggunakan ski sambil menarik 30 kg sled dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S, menembus cuaca ekstrim dan salju.

Putri akhirnya berhasil mengibarkan Merah Putih untuk bersanding dengan bendera negara-negara lain. Pencapaian ini sekaligus menjadikannya sebagai orang Indonesia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan berjalan menggunakan ski.

Sebelum mencapai titik 90°S (Geographic South Pole), Putri juga sempat melakukan selebrasi dan mengucap syukur di titik Ceremonial South Pole yang biasa dimanfaatkan para penjelajah untuk melakukan selebrasi di antara bendera-bendera 12 negara penandatangan asal Perjanjian Antartika. Jarak antara kedua titik itu hanya terpaut 200 meter.

Ekspedisi yang bertajuk lengkap Road to The Explorer’s Grand Slam “Antarctic 8 Expedition” ini bukan tanpa hambatan. Menurut rencana awal, ekspedisi ini terdiri atas dua tahap. Tahap pertama adalah pendakian ke puncak tertinggi di Benua Antartika, yaitu Gunung Vinson (4.892 mdpl), dan tahap kedua adalah penjelahan ke Kutub Selatan menuju titik 90°S. Namun karena kondisi cuaca yang sangat buruk, pendakian Gunung Vinson yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 13 Desember 2023 harus terhenti. Saat Putri sedang menuju puncak (summit day) pada 12 Desember 2023 dihadang angin kencang.

Demi keselamatan para pendaki, tim memutuskan untuk berbalik dan turun ke Vinson Base Camp untuk beristirahat dan melanjutkan target ekspedisi berikutnya ke titik 90°S Kutub Selatan.

Putri ingin perempuan Indonesia tidak ragu dan bertekad kuat jika memiliki mimpi dan cita-cita di berbagai bidang, meskipun bidang itu didominasi oleh laki-laki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *