Perjuangan Petugas Pemilu Lewati Jalan Rusak Bawa Kotak Suara Desa Waipaar ke Talibura

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Arnold Welianto

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Logistik Pemilu 2024 terutama kotak suara hasil pencoblosan didistribusikan dari PPS tingkat desa menuju PPK di Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, NTT, Jumat 16 Februari 2024.

Para petugas di PPS Desa Waipaar harus berjuang untuk bisa mendistribusikan kotak suara yang sudah disegel ke PPK akibat terkendala kondisi jalan yang rusak serta licin.

Petugas harus bahu-membahu terpaksa mengerahkan tenaga agar motor yang mengangkut kotak suara bisa terus melaju.

Baca juga: Ketua KPPS TPS 07 Desa Bakiruk Meninggal, KPU Malaka Sedang Upayakan Santunan

Yohanes Ojan, Ketua BPD Desa Waipaar menyebutkan di setiap TPS, ada lima kotak suara untuk lima jenis pemilihan. Yaitu kotak suara Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan kotak suara DPRD kabupaten/kota.

Terkhusus di Desa Waipaar terdapat dua TPS dengan jumlah 10 kotak suara. Kotak suara ini kemudian diikat dengan tali pada bagian belakang kemudian dibonceng petugas sejauh 9 Kilometer menuju jalan utama Trans Flores Maumere -Larantuka.

Dalam perjalanan, petugas lainnya menjaga kotak suara dari belakang agar tidak jatuh.

Baca juga: Ketua KPPS TPS 07 Desa Bakiruk di Malaka NTT Meninggal Dunia

Kata dia, 10 kotak suara tersebut dibungkus dengan mantel dan terpal untuk mengantisipasi jika terjadi turun hujan saat dalam perjalanan.

“Terkait dengan logistik, bergeser dari PPS ke PPK sempat menemui kendala karena akses jalan rusak. Tapi akhirnya bisa sampai dengan selamat ke kecamatan,” ujarnya.

Seluruh kotak suara dari PPS nantinya terkumpul di PPK untuk selanjutnya dilakukan rekapitulasi suara tingkat kecamatan.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *