Perayaan Natal 2023 di NTT, BMKG Ingatkan Sejumlah Wilayah NTT Berpotensi Hujan Ringan-Lebat

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG – Pada perayaan natal tahun 2023 ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) NTT mengingatkan sejumlah wilayah berpotensi terjadi hujan.

Kepala Stasiun Meteorologi Kupang Sti Nenot’ek, Senin 25/12/2023 mengatakan, sebagian wilayah NTT berada pada musim hujan dengan kondisi suhu muka laut yang cukup hangat dan kelembapan yang cukup basah di tiap lapisan atmosfer.

“Menyebabkan beberapa wilayah di NTT berpotensi hujan ringan – lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat,” sambungnya.

Adapun bertepatan dengan suasana Natal ini, hujan sedang hingga lebat berpotensi disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di Manggarai, Ende, Nagekeo, Sikka, TTS, dan Kabupaten Kupang.

Baca juga: Penjelasan BMKG NTT soal Musim Hujan di Kota Kupang Mundur

Sehari setelahnya atau di tanggal 26/12/2023 cuaca yang sama terjadi di wilayah TTU, TTS dan Malaka. Lalu pada 27 Desember 2023 cuaca serupa melanda Ende, TTU, TTS, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Atas hal itu, BMKG mengimbau warga waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi.

“Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum lainnya,” kata dia melanjutkan.

Khusus untuk daerah ber topografi curam hingga tebing, kata dia, patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang. (fan)

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *