Penampakan Erupsi Gunung Marapi Sumbar, Kendaraan Penuh Abu

CNBC Indonesia
News
Foto News

Gunung Marapi yang berada wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), meletus pada Minggu (3/12/2023).

Gunung Marapi yang berada wilayah Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), meletus pada Minggu (3/12/2023). Gunung Marapi dengan ketinggian 2.891 mdpl ini meletus sekitar pukul 14.54 WIB. Akibatnya, muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh. (Dok. DetikSumut)

Menurut hasil perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik. (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Peristiwa meletusnya Gunung Marapi ini juga dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito. “Benar. Kondisi Gunung Marapi meletus. Kolom abunya membumbung tinggi ke atas terlihat dari Agam,” jelas Bambang seperti dikutip dari keterangan tertulis BNPB, mengutip CNNIndonesia, Minggu (3/12/2023). (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Sementara, tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Agam, Ade Setiawan, menuturkan hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Marapi dilaporkan terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12). (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Nampak dalam foto yang dirilis Pusdalops BPBD Kabupaten Agam memperlihatkan sebuah ambulans dan tiga motor terlihat terpenuhi oleh abu vulkanik. (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Hujan abu vulkanik juga terjadi di wilayah Kecamatan Sungai Pua. Akan tetapi intensitasnya rendah dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal itu diduga karena arah angin yang cenderung mengarah ke wilayah Kecamatan Canduang. (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

Menurut keterangan PVMBG, gejala peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Marapi ini sudah berlangsung sejak Januari 2023. Oleh karenanya status tetap di level II (level Waspada), karena sewaktu-waktu dapat erupsi seperti yang terjadi hari ini. (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

PVMBG-Badan Geologi akan selalu berkoordinasi dengan BNPB, BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Kabupaten Agam, dan BPBD Kabupaten Tanah Datar dalam memberikan informasi tentang aktivitas Gunung Marapi. (Dok. Pusdalops BPBD Kabupaten Agam)

TAG:
gunung marapi erupsi
erupsi gunung
gunung marapi
gunung meletus
foto

SHARE

LAINNYA DI DETIKNETWORK

Terkait

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *