Paspor Lama Jangan Dibuang Sembarangan, Ada Gunanya lho

Jakarta

Traveler sudah memperpanjang paspor, belum? Setelah mendapatkan paspor baru, paspor yang lama jangan langsung dibuang ya.

Dilansir dari explorer, Senin (22/1/2024) salah satu alasan penting untuk tetap menyimpan paspor lama bukan hanya sekedar kenang-kenangan saja. Namun, dengan adanya paspor lama memudahkan kamu untuk membuat paspor baru.

Tentu saja traveler sudah tahu syarat pembuatan paspor baru, kan? Sederet dokumen harus dipersiapkan untuk membuatnya. Adapun, saat memperpanjang paspor, kamu hanya perlu membawa KTP dan paspor lama ke imigrasi (jika di Indonesia harus daftar dengan M-Paspor terlebih dulu).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Amerika Serikat (AS), paspor yang habis masa berlaku masih dianggap sebagai tanda pengenal yang sah. Selain itu, masih berfungsi sebagai bukti kewarganegaraan jika Anda harus memperbarui SIM Anda.

Juga, sebagian negara masih menganggap visa perjalanan yang sah walau itu dicap di paspor yang masa berlakunya habis. Lumayan hemat kan, dibanding traveler harus mengajukan visa baru lagi.

Bagi yang sentimentil, mungkin paspor lama memiliki nilai kenangan yang berharga. Bagaimanapun paspor lama telah menemani periode jalan-jalan beberapa tahun terakhir.

Namun, bila traveler bukanlah orang yang sentimentil, tentu saja barang-barang ‘tak terpakai lagi’ ini dibuang saja. Karena akan menambah sampah di rumah.

Eits, jangan sembarangan buang ya. Karena, data kamu yang tercantum di paspor bisa digunakan orang tidak bertanggungjawab. Mungkin bisa kamu gunting menjadi bagian sekecil mungkin atau jika ragu, serahkan saja ke petugas imigrasi untuk dihancurkan.

Simak Video “Muncul Isu 34 Juta Data Paspor Indonesia Bocor”[Gambas:Video 20detik](sym/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *