Mengejutkan! Pedang Kuno Bangsa Viking Ditemukan di Sungai Polandia

Torun

Para peneliti terus mencari tahu asal usul pedang kuno yang baru ditemukan awal bulan ini di dasar sungai Polandia. Mereka meyakini jika pedang ini berkaitan dengan bangsa Viking.

Pedang ini menjadi salah satu dari delapan pedang yang ditemukan di Polandia. Kantor Provinsi untuk Perlindungan Monumen di Toruń membagikan penemuan ini ke dalam Facebook dan mengatakan ini warisan budaya yang harus dilindungi.

Diberitakan CBC News, Jumat (19/1/2024) para pekerja menemukan pedang tersebut dari dasar Sungai Vistula di Polandia saat mengeruk pelabuhan di Wloclawek. Lokasi penemuan ini sekitar 30 mil dari Torun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pedang ini telah mengalami korosi berabad-abad dan analisis awal menyebutkan senjata ini berasal dari abad ke-10 M. Periode tersebut penting bagi Polandia, dimana awal terbentuknya Wangsa Piast (wangsa dalam sejarah pertama pemerintahan Polandia). Timbullah spekulasi pedang itu mungkin menjadi saksi pembentukan negara Polandia.

Pedang ini bentuknya sederhana. Dengan bilah sederhana yang memajang secara simetris dari pangkalnya dianggap oleh sejarawan berasal dari Eropa barat laut.

Keterikatan mereka dengan budaya Skandinavia dan Franconian, bagian dari Jerman yang terbentuk pada Abad Pertengahan membantu para sejarawan memberikan gambaran yang lebih rinci tentang bagaimana Polandia menjadi negaranya sendiri. Pengaruh Skandinavia diperkirakan telah meninggalkan jejaknya di Polandia selama era abad pertengahan. Meskipun hubungan antara Viking Skandinavia dan wilayah Polandia kontemporer tidak pasti dan terus menjadi perhatian para sejarawan di seluruh dunia.

Pedang yang ditemukan di Włocławek diperiksa lebih dekat di bawah pemindai sinar-X. Terlihat sebuah prasasti tersembunyi di bawah lapisan korosi yang bertuliskan “U[V]LFBERTH”, yang dapat dibaca sebagai “Ulfberht”. Ini tanda yang sering ditemukan pada 170 pedang abad pertengahan, yang sebagian besar ditemukan di Eropa utara.

Masing-masing senjata tersebut berasal dari abad ke-9, 10, atau 11, dan beberapa ahli berpendapat bahwa kata tersebut adalah nama pribadi orang Franka. Arahnya pun berpotensi menandakan asal usul senjata tersebut.

Namun, masih banyak yang belum diketahui tentang senjata tersebut dan dari mana asalnya. Dan tidak semua orang yakin bahwa pedang tersebut pernah ada kaitannya dengan bangsa Viking.

Dalam surat kabar Gazeta Wyborcza, Robert Grochowski, seorang arkeolog Polandia mengatakan, meskipun jenis pedang ini sering disebut sebagai ‘pedang Viking, namun secara teknis pedang tersebut dibuat di wilayah Jerman saat ini dan diperdagangkan secara luas di seluruh Eropa. Mereka mungkin telah mencapai Eropa Tengah, termasuk Polandia, dengan cara ini, kemungkinan besar melalui Skandinavia.

“Saya tidak tahu dari mana datangnya gagasan bahwa pedang itu milik seorang Viking. Tanpa penelitian mendetail, ini sepenuhnya tidak bisa dibenarkan. Sulit untuk mengatakan apa pun selain fakta bahwa ini adalah pedang awal abad pertengahan,” ujarnya.

Para peneliti berencana untuk terus mempelajari pedang kuno di Universitas Nicolaus Copernicus di Toruń. Pada akhirnya akan dilestarikan dan dipajang di museum sejarah di Włocławek.

Simak Video “Aksi Pria di Polandia: Nyamar Jadi Manekin, Lalu Curi Perhiasan”[Gambas:Video 20detik](sym/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *