Menegangkan! Boeing 787 Dreamliner Vietnam Airlines Retak Kaca Saat Terbang

Jakarta

Momen menegangkan dialami oleh armada Vietnam Airlines. Pesawat jenis Boeing 787 Dreamliner mengalami retak pada kaca kokpit saatdi angkasa.

Dilansir dari Airlive, Kamis (4/1/2024), pesawat itu dalam perjalanan menuju Tokyo. Jadi, peristiwa menegangkan itu berlangsung pada tanggal 26 Desember 2023.

Keretakan kaca pesawat Vietnam Airlines B787-9 Dreamliner berada di bagian depan sebelah kiri. Kerusakan itu berlangsung saat pesawat berlayar di atas Pasifik dekat Kepulauan Amami, Jepang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pesawat Boeing 787-9 Vietnam Airlines dengan registrasi VN-A867 dalam rute penerbangan VN302 dari Ho Chi Minh City ke Bandara Narita Tokyo. Ada 94 penumpang di dalamnya.

Keretakan pada kaca depan kokpit sebelah kiri sekitar 90 menit sebelum jadwal kedatangan di Tokyo. Karena masalah pada kaca depan tersebut, kru pesawat melakukan pendaratan darurat ke FL310.

Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Tokyo, di mana pesawat mendarat dengan selamat di landasan pacu 16R sekitar 90 menit kemudian. Meskipun terjadi komplikasi di tengah penerbangan, semua penumpang dan awak pesawat tidak mengalami cedera.

Kementerian Transportasi Jepang melaporkan bahwa retakan tersebut muncul 90 menit sebelum jadwal pendaratan. Kejadian itu mendorong penutupan sementara landasan pacu selama sekitar 3 menit setelah pesawat mendarat dengan selamat.

Penerbangan kembali berikutnya, VN-303, dibatalkan.

Penyebab pasti keretakan kaca depan pesawat masih diselidiki oleh pihak maskapai dan otoritas terkait. Tidak ada kelainan besar yang ditemukan selama pemeriksaan landasan pacu, sehingga operasi normal dapat dilanjutkan dengan cepat.

Laporan dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata menekankan bahwa pesawat mendarat di Bandara Narita sekitar pukul 13.30. Kerja sama para kru dan kepatuhan terhadap protokol keselamatan memastikan kesejahteraan semua orang di dalam pesawat.

Vietnam Airlines dengan cepat mengatasi situasi tersebut dengan mengganti kaca depan kokpit yang retak, sehingga pesawat dapat kembali ke rumah dua hari kemudian.

Simak Video “Vietnam Buka Kedatangan untuk Turis Asing”[Gambas:Video 20detik](msl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *