Menara Miring Italia Makin Kritis

Jakarta

Salah satu menara miring di Italia terancam runtuh. Destinasi wisata itu pun ditutup.

Dilansir BBC, dikutip Minggu (3/12/2023), sebuah menara abad pertengahan di Kota Bologna, Italia, yang miring seperti menara terkenal di Pisa, telah ditutup operasionalnya.

Pihak berwenang telah mulai membangun penghalang setinggi 5 meter di sekitar Menara Garisenda yang dibangun pada abad ke-12. Fungsinya untuk menahan puing-puing jika menara tersebut runtuh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menara setinggi 47 meter ini miring pada sudut empat derajat. Dalam pantauan, telah ditemukan adanya pergeseran arah kemiringan. Dewan kota mengatakan bahwa situasinya sangat kritis.

Menara Garisenda adalah salah satu dari dua menara yang mendominasi cakrawala Kota Bologna. Menara lainnya, Asinelli, memiliki tinggi sekitar dua kali lipat dan juga miring, meski tidak terlalu dramatis, dan biasanya terbuka untuk didaki oleh para turis.

Menara Garisenda dibangun antara tahun 1109 dan 1119. Ketinggiannya dikurangi pada abad ke-14 karena sudah mulai miring.

Menara ini disebutkan dalam puisi Dante berjudul The Divine Comedy, yang selesai dibangun pada tahun 1321.

Situs ini pertama kali ditutup pada bulan Oktober setelah sensor mendeteksi perubahan kemiringan Garisenda dan inspeksi menunjukkan kerusakan pada material pada bagian dasarnya.

Dewan telah meluncurkan apa yang disebutnya sebagai rencana perlindungan sipil untuk melestarikan menara tersebut. Mereka mengatakan bahwa pekerjaan yang sekarang sedang dimulai “merupakan tahap pertama untuk membuatnya aman”.

Dikatakan bahwa selain menahan puing-puing, penghalang tersebut akan melindungi bangunan dan orang-orang di sekitarnya jika terjadi keruntuhan.

Dikatakan bahwa jaring penahan runtuhan dari logam juga akan dipasang di sekitar menara.

Pembangunan pembatas akan selesai awal tahun depan, sementara menara dan alun-alun di bawahnya diperkirakan tetap ditutup selama beberapa tahun sementara pekerjaan restorasi dilakukan.

Pemerintah kota memperkirakan bahwa pembangunan pembatas ini akan menelan biaya €4,3 juta dan telah meluncurkan penggalangan dana untuk membiayai restorasi.

Mereka menyebut proyek ini sebagai tantangan luar biasa yang membutuhkan komitmen dari seluruh warga kota dan dari mereka yang mencintai Bologna untuk salah satu simbol terpentingnya.

Simak Video “Menikmati Keindahan Alam Bintan Dari Sea Plane”[Gambas:Video 20detik](msl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *