Melihat Rumah-rumah Imut yang Bikin Gemas

Jakarta

Pernah dengar istana Buckingham ada di Taiwan? Ya di sana ada replikanya, di Museum Miniature Taipei.

Di sini terdapat berbagai miniatur, mulai dari boneka, rumah boneka dalam dongeng, maupun berbagai gaya arsitektur.

Museum Miniature Taipei terletak di daerah Zhongsan District. Dari luar penampakannya seperti gedung perkantoran. Namun begitu masuk, kita akan dibuat terkesan oleh berbagai benda-benda mungil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada aneka boneka dari yang cantik hingga karakter jahat, mobil-mobilan, dan yang utama adalah berbagai desain arsitektur rumah bergaya Eropa dan Amerika.

Sebagai museum miniature yang pertama hadir di Asia, Museum Miniature Taipei ini menampilkan 200 masterpiece dari seniman hebat. Sebab, mereka tidak hanya menampilkan replika aslinya ke dalam bentuk mini, tetapi karyanya begitu detail dan proporsional.

Ukurannya dibuat berskala 1:12 sehingga bentuknya penampilannya seperti bentuk aslinya. Ada yang dalam bentuk figura yang ditempel di dinding, ada pula yang berbentuk tiga dimensi di dalam kotak kaca.

Semuanya serba imut.

Lin Wen-ren dan istrinya adalah pendirinya. Awalnya mereka kerap melakukan perjalanan ke luar negeri, kemudian membeli mobil-mobilan mini untuk anak-anak mereka sebagai oleh-oleh.

Kunjungannya ke museum miniature di Belanda telah menginspirasi mereka untuk mendirikan museum serupa di Taipei. Setelah serius direncanakan, tahun 1997 jadilah museum ini.

Untuk masuk ke museum biayanya NT 200-250 atau sekitar Rp 100.000-125.000. untuk mendapatkan harga tiket lebih murah, kita bisa memesannya secara online.

Dari sekian banyak rumah miniatur yang dipamerkan, ada satu di antaranya yang paling keren, yaitu rumah pohon. Interiornya sangat detail. Bahkan di dalamnya ada kereta kecil yang keluar dari lubang sambil menyeret kendaraan penambangan bijih besi yang turun melalui ban berjalan.

(msl/msl) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *