Libur Natal dan Tahun Baru, Basarnas Siagakan Kapal Khusus di Labuan Bajo

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO – Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere (Basarnas Maumere) akan menyiagakan Kapal Negara (KN) SAR Puntadewa 205 di Labuan Bajo, guna mendukung siaga SAR didestinasi super premium itu.

Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan, di musim libur Natal ini mobilitas kesiapsiagaan sangat tinggi.

Pihaknya pun mengerahkan KN SAR Puntadewa untuk mendukung siaga SAR di Labuan Bajo yang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Polisi Ciduk Pencuri saat Dorong Motor Kehabisan BBM di Sumba Timur

“Rescuer dan kru ABK KN SAR Puntadewa agar selalu menjaga kesehatan karena siaga Nataru mobilitas kesiapsiagaannya sangat tinggi terlebih KN SAR Puntadewa akan bergeser ke Labuan Bajo untuk mendukung siaga Nataru di Labuan Bajo,” ujar Supriyanto dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin 18 Desember 2023.

Pada siaga SAR tahun ini Basarnas Maumere melibatkan 44 personel dengan lokasi siaga di bandara dan pelabuhan laut wilayah Maumere, Labuan Bajo, Ende, Lembata, dan Alor.

Supriyanto berpesan kepada seluruh personel untuk menjalankan tugas dengan baik, selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik,

“Melaksanakan prinsip Quick Action sehingga dengan cepat kita dapat merespon bentuk kedaruratan yang ada di wilayah kerja Basarnas Maumere (Labuan Bajo-Alor),” tegasnya.

Baca juga: Pemuda di Sumba Timur Ditemukan Tewas di Pohon Ara

Sebagai informasi, Kapal Negara (KN) SAR Puntadewa 250 merupakan jenis kapal rescue yang berfungi untuk operasi pencarian dan penyelamatan khususnya di wilayah perairan.

Kapal dengan panjang 40 meter dan lebar 7 meter itu memiliki daya jelajah mencapai 1.300 nautical mile, dengan kecepatan maksimumnya 32 knot dan kecepatan rata-rata yang digunakan dari 20 hingga 22 knot.

Kapal ini juga dilengkapi dengan peralatan komunikasi seperti ecdis, echo sounder, ups tracking, naptech (navigasi) yang bisa mematau kondisi cuaca rill pada saat itu.

KN SAR Puntadewa juga dilengkapi dengan alat keselamatan lain seperti lifefraft, sea raider, life jacket, dan skoci-skoci. (uka)

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *