Kubu Anies dan Ganjar Kompak Kritik Sikap Gibran

Jakarta, CNBC Indoneaia – Kubu pasangan calon (Paslon) Capres-cawapres nomor urut 1 dan 3 kompak melayangkan protes atas tingkah Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, saat debat Jumat, (22/12/2023) lalu.

Kubu pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bahkan telah melaporkan Gibran kepada Komisi Pemilihan Umum.

“Kami dari tim sukses 01 tadi memang menyayangkan tentang pertanyaan, kami tadi sudah sampaikan ke Ketua KPU,” kata Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin, Muhammad Syaugi dalam konferensi pers seusai debat.

Hal yang diprotes oleh Syaugi itu menyangkut pertanyaan Gibran kepada Muhaimin dalam sesi debat cawapres semalam. Gibran sempat menanyakan Cak Imin soal SGIE, tanpa menjelaskan kepanjangannya.

Mendapat pertanyaan itu, Cak Imin tak bisa menjawab menjawab karena tidak tahu bahwa SGIE merupakan kepanjangan dari State of The Global Islamic Economy. Syaugi mengatakan penggunaan singkatan itu seharusnya dihindari.

“Mudah mudahan ke depan hal ini bisa diperbaiki dengan baik sehingga debat ini betul-betul menunjukkan kelas calon presiden dan wakil presiden,” kata dia.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga buka suara soal pertanyaan Gibran mengenai carbon capture dalam sesi debat. Mahfud menilai pertanyaan soal carbon capture tidak sesuai dengan tema ekonomi.

Pasangan Ganjar Pranowo tersebut mengatakan pertanyaan tentang carbon capture itu seharusnya ditanyakan pada Debat IV Cawapres 21 Januari 2024 yang bertema pembangunan berkelanjutan.

“Kami sudah membuat catatan agak luas, tapi nanti pada tanggal 21 (Januari 2024), jadi ditanyakan tadi enggak relevan,” kata Mahfud.

Mahfud juga mengkritik Gibran yang sempat meninggalkan podium. Namun, dia tidak mau melaporkan dua hal tersebut ke KPU. “Itu kalau KPU kan begitu-begitu ya endak bertindak juga, ya gapapa,” kata dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Adu Harta & Janji 3 Paslon Presiden dan Wapres


(fab/fab) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *