Kolesterol Mendadak Tinggi, Atasi Pakai 5 Rebusan Daun Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak bisa memicu alarm bahaya. Salah satunya, memicu naiknya kolesterol.

Kolesterol adalah penyakit yang berbahaya jika tak diantisipasi dengan serius. Jika terlalu banyak lemak di dalam darah, bisa memicu sumbatan aliran darah ke otak. Akhirnya bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Dan, jika sumbatan sudah terlalu besar atau menutup aliran darah, bisa menyebabkan kematian.

Karena itu, makanan terlalu berlemak atau pola makan tak sehat harus dihindari. Jika terlanjur memiliki kolesterol, sebaiknya lakukan upaya agar kadar kolesterol tak meningkat.

Beragam cara bisa dilakukan, mulai dari obat dari dokter, hingga cara alami dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Misalnya, rebusan daun yang diyakini bisa mencegah kadar kolesterol terus meroket.

Berikut daun-daun yang dengan minum air rebusannya dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol:

1. Daun Kelor

Tidak diragukan lagi bahwa daun kelor menjadi obat kolesterol. Tanaman ini bahkan sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas. Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, membuat daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

2. Daun Salam

Tidak hanya untuk bahan tambahan masakan, daun salam ternyata juga bisa menurunkan kolesterol. Daun salam kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

3. Daun sirsak

Daun sirsak sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah untuk dicari dan bahkan diklaim sangat efektif. Salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

4. Daun Sirih

Mengutip Lybrate, daun sirih memiliki kadar eugenol yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di liver dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

5. Daun Serai

Dikutip dari Healthline, daun serai dapat menurunkan kolesterol. Dalam sebuah studi Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Penurunan kadar kolesterol tersebut tergantung pada dosis yang diberikan.

Demikian tips yang dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat mencegah kolesterol tinggi, selamat mencoba!

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Durian Bikin Kolesterol Kamu Tinggi? Ini Penjelasannya…


(dce/dce) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *