Kenapa Namanya Stasiun Solo Balapan? Ternyata, Ini Kisahnya…

Solo

Solo punya Stasiun Balapan. Tapi tahukah kamu asal usul nama stasiun kereta itu? Rupanya sebelum jadi stasiun, di sana ada tempat pacuan kuda.

Stasiun Solo Balapan menyimpan suatu sejarah yang panjang. Stasiun yang berada di Jalan Wolter Monginsidi Solo itu, dulunya merupakan lokasi pacuan kuda.

Sejarah Stasiun Solo Balapan

Mengutip dari laman resmi Heritage KAI, Stasiun Solo Balapan dimulai pada era tahun 1800-an. Pada saat itu, perusahaan kereta api swasta milik Belanda bernama Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) membangun jalur kereta api yang terhubung dari Kedungjati hingga Solo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jalur kereta tersebut direncanakan akan dibangun sepanjang 74 km dengan lebar jalur 1.435 meter. Akhirnya, pada tanggal 10 Februari 1870, peresmian Stasiun Solo Balapan direalisasikan.

Awalnya, stasiun ini hanya dinamai sebagai Stasiun Solo saja. Namun, keberadaan pacuan kuda balap di area lahan tempat didirikan stasiun tersebut membuat namanya berubah menjadi Stasiun Solo Balapan.

Dahulu, pada masa kekuasaan Mangkunegara IV, di Alun-alun Utara milik Keraton Mangkunegaran terdapat sebuah pacuan kuda. Nah, lokasi bekas lapangan pacuan kuda itu dipilih menjadi stasiun karena dianggap yang paling ideal.

Jalur rel kereta bisa langsung mengarah ke Semarang. Berkat alasan itu, pacuan kuda milik Mangkunegara IV tersebut akhirnya diubah kegunaannya sebagai sebuah stasiun yang diberi nama Stasiun Solo Balapan.

Pada tahun 1872, Stasiun Solo Balapan hanya melayani perjalanan Solo-Semarang. Hadirnya stasiun ini memudahkan dalam mengangkut gula, tembakau, dan kopi yang dibawa dari daerah pedalaman menuju ke pelabuhan yang ada di Semarang.

Seiring berjalannya waktu, Stasiun Solo Balapan mengalami renovasi dan perkembangan hingga semakin modern. Kini, Stasiun Solo Balapan menjelma sebagai fasilitas transportasi yang menghubungkan beberapa wilayah di pulau Jawa.

—–

Artikel ini telah naik di detikJateng.

Simak Video “Mengenal Sejarah Kapal Pinisi yang Muncul di Google Doodle”[Gambas:Video 20detik](wsw/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *