Kemenkominfo Ungkap 2 Syarat Keberhasilan Transformasi Digital RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan persamaan visi misi hingga kesediaan talenta yang mumpuni menjadi kunci keberhasilan transformasi digital. Dia menilai dua hal ini sekaligus menjadi tantangan utama dari kolaborasi di kementerian/lembaga.

“Menurut saya tantangannya penyamaan visinya dulu karena memang mereka (kementerian/lembaga) memiliki agenda masing-masing,” kata Semuel dalam Tech & Telco Summit 2024 yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia, Selasa (5/3/2024).

Sementara itu, talenta yang berkualitas mampu mendorong penguatan dari transformasi digital. Untuk menarik minat talenta digital berkualitas, pihaknya pun mengeluarkan pedoman standar gaji yang bisa digunakan untuk mempercepat proses transformasi.

“Jadi mereka punya keleluasaan untuk hire di sektor atau lembaganya,” kata dia.

Dalam kurun 2015-2030 dia memperkirakan dibutuhkan 9 juta SDM untuk melancarkan transformasi digital. Kemenkominfo juga berupaya memperdalam skill digital untuk bidang cyber security, hingga coding melalui beasiswa.

“Jadi kita beri beasiswa dari Kemenkominfo. Tantangan awalnya harus dihadapi dan kita harus mau, supaya tidak ada ego sektoral dan tujuannya sama,” pungkas Semuel.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Simak Upaya RI Jaga Kedaulatan Data Sebagai New Gold di Sini


(rah/rah) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *