Kembangkan Potensi Desa BRILiaN, BRI Dapat Apresiasi

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), yang telah berkomitmen memberdayakan banyak desa di seluruh Indonesia secara konsisten, salah satunya melalui program Desa BRILiaN.

“Program ini menjadi suatu terobosan mendorong desa di seluruh Indonesia untuk mampu mengembangkan potensi desa, meningkatkan kapabilitas baik berupa peningkatan softskill dan hardskill melalui aktivitas pemberdayaan yang berkesinambungan dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di desa,” ujar Teten dalam Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 di Jakarta, dikutip Rabu (17/01/2024).

Dia mengharapkan, melalui program ini, BRI mampu menjadi lembaga jasa keuangan yang memberikan dampak baik bagi pertumbuhan ekonomi desa, terutama menggerakkan produk lokal di seluruh Indonesia. Perbankan juga diharapkan dapat fokus pada kemudahan pembiayaan untuk mendukung prospek pengembangan UMKM.

Teten mengungkapkan, UMKM bukan sekadar bisnis, melainkan juga sumber kehidupan perekonomian dan jantung kewirausahaan Indonesia. UMKM sebagai penggerak, diproyeksikan mencapai 83,3 juta pada 2034. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi pengembangan UMKM untuk berkontribusi dalam perekonomian.

Adapun Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 sukses dilaksanakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada 10 Januari 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta. Acara ini menjadi wujud nyata komitmen apresiasi BRI bagi desa – desa yang dinilai aktif bergerak maju mendorong ekonomi kerakyatan. Selain Teten, acara ini juga dihadiri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama BRI Sunarso.

Seperti diketahui, Nugraha Karya Desa BRILiaN fokus pada pengembangan desa melalui empat aspek. Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa. Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

Tahun ini adalah kali ketiga program Nugraha Karya Desa BRILiaN dilaksanakan, sejak pertama kali di 2021. Adapun program Desa BRILiaN sendiri telah memasuki tahun keempat. Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Hingga 2023, program tersebut telah diikuti sebanyak 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Objek pemberdayaan Desa BRILiaN sendiri meliputi perangkat desa (kepala desa), pengurus BUMDesa, Badan Permusyawaratan Desa, pelaku usaha desa, serta pegiat produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades).

Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian mengumumkan juara-juaranya yang mendapat hadiah senilai Rp 1 miliar, Juara 2 Rp 750 juta, dan Juara 3 Rp 500 juta. Adapun juara harapan 1 dan 2 masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 300 juta. Sementara, Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik masing-masing sebesar Rp 200 juta.

Tidak hanya itu, BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial wilayah barat, tengah, dan timur. Masing-masing desa akan mendapatkan apresiasi senilai Rp 100 juta. Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023, BRI juga menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023:

Kategori UtamaJuara I : Desa Bansari, Temanggung, Jawa TengahJuara II : Desa Cikaso, Kuningan, Jawa BaratJuara III : Desa Lerep, Semarang, Jawa TengahJuara Harapan I : Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Lima Puluh Kota, Sumatera BaratJuara Harapan II: Desa Padang Panjang, Tabalong, Kalimantan Selatan

Penghargaan Khusus Bidang SDGDesa Hijau : Desa Kelawi, Lampung Selatan, Bandar LampungTatakelola Terbaik : Desa Angseri, Tabanan, BaliPengembangan Wirausaha Terbaik : Desa Sukomulyo, Gresik, Jawa TimurDesa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik : Desa Ibru, Muaro Jambi, Jambi

Penghargaan Khusus Desa PotensialDesa Potensial Wilayah Barat : Desa Air Lengit, Natuna, Kepulauan RiauDesa Potensial Wilayah Tengah : Desa Wawowae, Ngada, Nusa Tenggara TimurDesa Potensial Wilayah Timur : Desa Puubunga, Kolaka, Sulawesi Tenggara

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Klaster Usaha Binaan BRI Ini Sukses Berdayakan Lansia


(rah/rah) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *