Katak di India Ditumbuhi Jamur Tubuhnya

Jakarta

Seekor katak di India memiliki jamur yang tumbuh dari tubuhnya. Para peneliti belum pernah melihat yang seperti ini.

Menyitir CNN, Jumat (1/3/2024), ketika mengamati sekumpulan katak punggung emas di kolam pinggir jalan di Karnataka, India, sekelompok ahli alam melihat sesuatu yang aneh pada salah satunya. Amfibi ini memiliki jamur kecil yang tumbuh di sisinya.

Bagaimana katak yang tampaknya sehat itu bisa ditumbuhi jamur. Kejadian ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya dan membuat para ilmuwan bingung, menurut sebuah catatan yang diterbitkan pada bulan Januari di jurnal Reptil dan Amfibi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ketika saya pertama kali mengamati katak dengan jamur tersebut, saya kagum dan tertarik dengan pemandangan itu,” kata Lohit Y T, seorang spesialis sungai dan lahan basah dari World Wildlife Fund-India di Bengaluru. Ia bagian dari kelompok yang menemukan katak tersebut.

“Pikiran saya adalah untuk mendokumentasikannya, karena fenomena ini adalah sesuatu yang belum pernah kami dengar. Kami hanya ingin ini menjadi sebuah kejadian yang langka dan bukan sebuah fenomena yang berbahaya bagi katak tersebut,” ungkap dia.

Dikenal sebagai katak punggung emas menengah Rao atau nama ilmiahnya Hylarana intermedia, ditemukan dalam jumlah yang melimpah di negara bagian Karnataka dan Kerala, India barat daya. Katak ini berukuran kecil, tumbuh hanya sampai 7,4 cm.

Ketika para naturalis mengamati katak dengan pertumbuhan jamur, hewan ini bergerak dari pusat ranting yang didudukinya ke ujung, berbalik dan berganti posisi, tetapi jamur itu tetap berada di tempatnya dengan sempurna. Kata Y.T., Kelompok itu tidak menyentuh katak tersebut.

Para penulis menemukan amfibi tersebut pada bulan Juni 2023 dan tidak mengoleksinya, sehingga tidak diketahui penyebab fenomena tersebut maupun nasib katak tersebut.

Namun melalui gambar, ahli mikologi kemudian mengidentifikasi jamur bagian dari genus Mycena, sejenis jamur yang sebagian besar tumbuh di kayu yang membusuk dari pohon yang sudah mati, tulis para penulis dalam makalah yang diterbitkan.

Jamur ini adalah pengurai saprotrofik, jamur yang biasanya mendapatkan nutrisinya dari bahan organik yang mati atau membusuk. Tapi sebuah penelitian pada tahun 2023 menemukan bahwa jamur ini juga dapat berevolusi untuk tumbuh subur pada tanaman hidup.

Studi lebih lanjut tahun 2023 menunjukkan bahwa jamur Mycena dapat berkembang untuk memiliki hubungan simbiosis dengan tanaman atau pohon hidup, yang berarti bahwa tanaman dan jamur yang tumbuh di atasnya akan mendapat manfaat.

Jamur akan mengambil nutrisi dari dan memindahkannya ke inang tanaman. Pada pohon, Mycena dapat membantu dengan memangkas cabang-cabang yang mati, para penulis menambahkan.

Prognosis katak dengan jamur yang menumpang tidak diketahui, tetapi ada beberapa teori mengenai penyebab kondisinya.

Simak Video “Sekeluarga di Ciamis Diduga Keracunan Seusai Konsumsi Jamur Liar”[Gambas:Video 20detik](msl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *