Kapal Pesiar Terbakar di Raja Ampat, 15 Turis Asing Selamat

Raja Ampat

Sebuah kapal pesiar yang berlayar di Raja Ampat mengalami kebakaran hebat. Beruntung, 15 turis asing yang jadi penumpang mereka selamat.

Kapal pesiar yang terbakar itu diketahui bernama KLM Indo Siren. Kapal itu dilaporkan terbakar pada Kamis (30/11) kemarin. Kabar itu dibenarkan oleh Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran.

“Iya benar, kami menerima laporan informasi kapal pesiar terbakar,” ujar AKBP Edwin kepada detikcom, Kamis (30/11/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kapal pesiar tersebut membawa 30 penumpang yang terdiri dari 10 orang kru dan 20 wisatawan, di antaranya 15 warga negara asing (WNA) dan 5 warga negara Indonesia (WNI).

Para wisatawan mancanegara dan domestik tersebut rencananya akan melakukan penyelaman atau diving di Perairan Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya.

Insiden kebakaran itu sendiri terjadi di perairan antara Kampung Saukabu dan Pulau Pyainemo tepatnya di spot diving rap Galaxy, Raja Ampat, Kamis pagi sekitar pukul 08.00 WIT.

Kronologi Kejadian

AKBP Erwin menjelaskan kronologi kebakaran yang menimpa kapal pesiar tersebut.

“Jadi, kronologinya pada hari Kamis, sekitar pukul 08.00 WIT kapal pesiar KLM Indo Siren membawa tamu warga negara asing guna melakukan kegiatan menyelam atau diving. Tiba-tiba mengalami kebakaran di perairan antara Kampung Saukabu dan Pulau Pyainemo tepatnya di atas Rap Galaxy (spot diving),” jelasnya.

Seluruh penumpang dilaporkan selamat dari insiden kebakaran itu. Mereka telah dievakuasi ke homestay terdekat.

“Seluruh penumpang dan kru telah dievakuasi menuju daratan di Homestay Gloria. Jumlah kru kapal 10 Orang, jumlah tamu 20 orang yakni 15 WNA dan 5 WNI,” ungkapnya.

Edwin mengaku, pihaknya saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut. Kurang lebih 10 saksi dari kru kapal akan diperiksa.

“Kami sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yakni crew kapal. Masih kami lakukan penyelidikan (penyebab kebakaran),” pungkasnya.

——

Artikel ini telah naik di detikSulsel.

Simak Video “Kapal Cruise Celebrity Solstice Sandar di Bali, Indonesia Potensi Raup Cuan”[Gambas:Video 20detik](wsw/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *