Jokowi Tunggu 2 Infrastruktur Ini agar Akses ke IKN Bisa Satset

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan perjalanan ke Nusantara bakal lebih singkat. Pemerintah saat ini terus mengejar pembangunan bandara baru hingga jalan tol menuju Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024).

Jokowi mengatakan perjalanan ke Nusantara terasa jauh karena bandara IKN dan jalan tol yang belum rampung.

“Tadi saya sampaikan mungkin bapak – ibu yang hadir di IKN yang baru pertama kali terasa sangat jauh. Dari Jakarta kelihatan sangat jauh, dari Balikpapan juga hampir 2 jam,” terangnya.

Nantinya ketika fasiltas bandara IKN rampung maka waktu tempuh pesawat menuju Nusantara dari Balikpapan menjadi lebih singkat.

Foto: Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Gedung Kantor PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, (29/2/2024). (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

“Nanti kalau dua ini sudah selesai bapak ibu kalau IKN kalau ke IKN turun dari pesawat ke sini kira-kira hanya 15 menit kalau turun di Balikpapan,” ujarnya.

Begitu juga jika pembangunan tol akses IKN diperkirakan waktu tempuh menuju Nusantara dari Balikpapan hanya memakan waktu 45 menit. Mengutip keterangan resmi, ditargetkan tol akses IKN dan bandara IKN diperkirakan rampung Juni 2024 ini.

“Sebetulnya saya minta ke Menteri PUPR itu 30 menit, eh ternyata ada belokan sedikit sehingga 45 menit, tapi tetap 45 menit nggak apa-apa,” terangnya.

Selain itu Jokowi berharap adanya dua fasilitas transportasi ini diharapkan membuat kawasan Nusantara semakin ramai. Menjadi kota hidup yang tidak hanya menjadi pusat pemerintahan. Begitu juga menjadi pusat eco tourism, yang nantinya juga akan dibangun hutan tanaman industri atau tanaman monokultur seperti eucalyptus untuk pembuatan bubur kertas.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Luas 347 ha, Bandara IKN Bisa Didarati Pesawat Jumbo


(emy/wur) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *