Jarang Disadari, Ternyata Ini Benda Paling Kotor di Pesawat

Jakarta

Dengan intensitas penerbangan yang tinggi, tak heran kalau benda-benda di pesawat jarang dibersihkan. Pramugari mengungkap benda paling kotor yang sering dipegang penumpang.

Banyak orang beranggapan, toilet atau meja nampan merupakan bagian terkotor di pesawat. Namun, barang terkotor di pesawat adalah kartu instruksi keselamatan.

Dilansir dari The Sun, Selasa (5/12/2023), menurut pramugari kartu-kartu tersebut jauh lebih jarang dibersihkan dibandingkan bagian lain di kabin sehingga kartu ini menjadi sarang kuman.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu pramugari bernama Josephine Remo, mengimbau penumpang untuk sebisa mungkin menghindari menyentuh kartu keselamatan.

“Tempat terkotor di pesawat adalah kartu instruksi keselamatan di saku kursi,” kata dia.

Remo menjelaskan, meja nampan biasanya dibersihkan. Beda dengan kartu instruksi yang tidak pernah dibersihkan.

“Jadi, setelah Anda selesai membaca petunjuk keselamatan, pastikan untuk memakai sedikit pembersih tangan atau lebih baik lagi, bersihkan kartu instruksi dengan tisu basah untuk menyelamatkan Anda dan penumpang selanjutnya dari kuman apa pun,” ujarnya.

Selain itu, sebaiknya traveler membersihkan benda-benda termasuk kursi sebelum diduduki. Untuk meja nampan, sebaiknya bersihkan menggunakan hand sanitizer dan tisu basah.

Hal ini berguna mencegah makanan terkontaminasi kuman dan bakteri karena kita tidak tahu meja ini digunakan untuk apa oleh penumpang sebelumnya.

“Saya pernah melihat orang tua menggunakan meja nampan untuk mengganti popok anak-anak mereka sebelumnya dan ini bukanlah tempat yang bagus, jadi menurut saya Anda tidak akan pernah bisa membersihkan area ini terlalu sering,” kata seorang pramugari.

“Kami melakukan yang terbaik, begitu pula kru kebersihan di sela-sela penerbangan. Namun, kami tidak bisa selalu teliti seperti yang kami inginkan, jadi yang terbaik adalah (penumpang) memastikannya,” kata dia lagi.

Simak Video “Catatan Kinerja Ditjen Perhubungan Udara”[Gambas:Video 20detik](pin/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *