Jalan Menuju Rumah ‘Surga’ Abah Jajang yang Tak Lagi Neraka

Cianjur

Dulu, jalanan menuju ke rumah ‘surga’ Abah Jajang mengerikan bak neraka. Namun kini, jalanan itu sudah mulus.

Jalan ‘neraka’ menuju rumah surga Abah Jajang dan Curug Citambur sekarang sudah berubah. Dahulu, rusak parah bak neraka.

Sekarang, jalan itu sudah diperbaiki. Waktu tempuh menuju ke destinasi wisata baru itu pun kini jauh lebih singkat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari pantauan di lokasi, persimpangan antara Jalan Raya Pagelaran dan Pasirkuda di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur itu kini sudah mulus dengan konstruksi jalan beton.

Padahal tahun lalu, jalan tersebut rusak parah. Wisatawan pun mengeluhkan kondisi jalan menuju ke rumah ‘surga’ Abah Jajang.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, setelah viral rumah Abah Jajang dengan pemandangan wisata Curug Citambur, dirinya mendapatkan keluhan terkait kondisi jalan yang rusak parah.

Padahal pasca viralnya rumah dengan pemandangan bak surga dunia itu, banyak wisatawan yang datang. Tidak hanya wisatawan lokal atau luar kota, tetapi juga banyak wisatawan asing.

“Makanya setelah itu saya langsung siapkan anggaran dan kini sudah hampir rampung pengerjaan perbaikan jalannya,” ungkap Herman saat ditemui di Rumah Abah Jajang, Selasa (6/2/2024) lalu.

Total jalan yang diperbaiki mencapai 17,65 kilometer dengan anggaran yang dihabiskan sekitar Rp 50 miliar.

“Sekarang tinggal 600 meter lagi jalan yang diperbaiki. Target yang 600 meter jalan itu dalam seminggu selesai, tapi untuk bisa dilalui sekitar 2 pekan lagi,” kata dia.

Herman mengatakan, jalan tersebut menjadi hadiah dari Pemkab untuk warga Pasirkuda, terutama Abah Jajang dan Wisata Curug Citambur.

“Karena kini Rumah Abah Jajang menjadi ikon wisata di Cianjur selatan. Ditambah dengan wisata Curug Citamburnya. Apalagi setelah ada rumah Abah Jajang, kunjungan wisata meningkat dan ekonomi di sekitarnya juga mulai bangkit. Maka dari itu jalan ini juga jadi bentuk perhatian dari Pemkab, umumnya untuk warga kecamatan Pasirkuda,” ucapnya.

Menurut Herman, selain akses menuju Rumah Abah Jajang dan Curug Citambur, Pemkab Cianjur juga akan membangun akses jalan ke destinasi wisata lain di Cianjur.

“Kendala pengembangan wisata di Cianjur salah satunya kondisi jalan. Makanya kita genjot pariwisata dengan membangun aksesnya. Dihadapkan wisata Cianjur bangkit dan ekonomi dari sektor wisata juga meningkat,” ungkapnya.

Abah Jajang Senang

Di sisi lain, Abah Jajang, mengaku sangat senang akses jalan menuju rumahnya dan wisata Citambur akhirnya diperbaiki.

“Senang, jadi saudara-saudara Abah (wisatawan) bisa berkunjung ke sini dengan nyaman. Abah senang karena semakin banyak yang datang, Abah jadi banyak saudara dari mana-mana,” tuturnya.

——

Artikel ini telah naik di detikJabar.

Simak Video “Tak Hanya Wisatawan, Kini Muncul Vila Modern di Belakang Rumah ‘Surga'”[Gambas:Video 20detik](wsw/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *