Ini 7 Maskapai yang Punya Fasilitas ‘Mewah’ untuk Kelas Ekonomi

Jakarta

Sejumlah maskapai penerbangan di dunia mulai berlomba-lomba menghadirkan fasilitas ‘mewah’ bagi penumpang yang membeli tiket kelas ekonomi. Cara ini dilakukan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan ekstra.

Pada umumnya, fasilitas yang tersedia di kelas ekonomi hanya seadanya saja. Sebagai contoh, jarak antara kursi penumpang yang terlalu sempit, tidak ada leg rest, hingga tidak tersedia amenity kit.

Jika ingin mendapatkan fasilitas yang lebih mewah, maka travelers perlu memesan tiket untuk kelas bisnis atau first class. Tapi, harga yang dipatok bisa mencapai belasan juta rupiah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun jangan khawatir, sebab ada sejumlah maskapai penerbangan yang memberikan fasilitas lengkap bagi penumpang kelas ekonomi. Apa saja maskapai tersebut? Simak dalam artikel ini.

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting bagi penumpang pesawat, apalagi jika waktu penerbangan lebih dari 5 jam. Sebab, duduk di kursi ekonomi akan terasa bosan dan melelahkan jika tidak didukung dengan fasilitas mumpuni.

Mengutip situs Travel Leisure, berikut sejumlah maskapai penerbangan di dunia yang punya fasilitas lengkap bagi penumpang kelas ekonomi.

1. Japan Airlines

Japan Airlines memiliki kursi di kelas ekonomi yang luas dan lapang. Hal ini membuat penumpang merasa nyaman dan tidak mudah pegal.

Selain itu, penumpang kelas ekonomi juga disuguhkan berbagai makanan dan minuman khas Jepang, seperti mie soba, Ume-shu (anggur premium), hingga sake.

Untuk menikmati kenyamanan tersebut, calon penumpang disarankan memilih pesawat Boeing 787 ‘Dreamliner’ dengan konfigurasi kursi 2-4-2 atau 3-3-3.

2. Singapore Airlines

Dalam penerbangan jarak jauh, Singapore Airlines memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpang kelas ekonomi, seperti layanan handuk panas, perlengkapan amenity kit, hingga makanan dan snack yang lezat serta mengenyangkan.

Maskapai asal Singapura ini juga menyediakan bantal dan selimut bagi setiap penumpang kelas ekonomi. Penumpang juga dapat memesan koktail saat penerbangan, yang mana menu tersebut biasanya hadir untuk kelas bisnis dan first class.

3. EVA Air

Maskapai penerbangan asal Taiwan ini juga menyediakan fasilitas mumpuni bagi penumpang kelas ekonomi, seperti amenity kit, bantal, dan selimut. Selain itu, kursi antara penumpang juga lebih lega, sehingga orang yang memiliki tinggi di atas 175 centimeter nggak perlu khawatir lututnya akan membentur kursi di depannya.

Keunggulan lain dari EVA Air adalah soal alat makannya, di mana maskapai tersebut menggunakan alat makan dari logam. Biasanya, maskapai penerbangan akan memberikan alat makan dari plastik untuk kelas ekonomi.

4. Qatar Airways

Bisa dibilang, Qatar Airways memberikan fasilitas yang cukup ‘wah’ bagi penumpang kelas ekonomi. Contohnya, terdapat menu fisik yang merinci tiga pilihan menu (appetizer, main course, dan dessert).

Selain itu, penumpang juga diberikan bantal, selimut, serta amenity kit. Oh ya, Qatar Airways juga menyediakan snack, permen, dan minuman yang bisa diambil sepuasnya oleh penumpang selama penerbangan.

5. Emirates

Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang, Emirates mengoperasikan sejumlah pesawat berbadan besar (wide body) seperti Boeing 777 atau Airbus A380. Hal ini memberikan dampak positif bagi penumpang kelas ekonomi, karena lebar kursinya mencapai 50 cm.

Emirates juga menyediakan amenity kit, selimut, bantal, hingga kaus kaki. Salah satu keunggulan dari maskapai ini terletak pada inflight entertainment (IFE), di mana terdapat lebih dari 5.000 film dan series yang bisa ditonton selama penerbangan.

6. ANA (All Nippon Airways)

Maskapai asal Jepang ini juga tak mau kalah dalam memberikan kenyamanan bagi penumpang kelas ekonomi. Bayangkan, jarak antara kursi penumpang mencapai 86 centimeter! Benar-benar terasa lega dan tidak bikin kaki pegal.

Selain itu, penumpang juga bisa memesan berbagai minuman alkohol seperti sake dan wine. Adapun sejumlah makanan favorit di kelas ekonomi, yakni teriyaki red rockfish panggang dan mie udon.

7. Turkish Airlines

Daftar yang terakhir adalah Turkish Airlines. Bisa dibilang, layanan entertainment dari maskapai asal Turki ini hampir menyaingi Emirates, sehingga penumpang tidak akan bosan walau harus menempuh penerbangan hingga berjam-jam.

Keunggulan dari Turkish Airlines terletak dari makanannya yang tidak ‘pelit’ kepada penumpang. Pilihannya sangat beragam, mulai dari salad sayur dengan minyak zaitun, hummus, hingga kebab untuk main course. Sedangkan untuk dessertnya ada pie keju hingga apricot mousse.

Itu dia tujuh maskapai penerbangan di dunia yang mengusung fasilitas ‘mewah’ bagi penumpang kelas ekonomi. Ada maskapai yang pernah kamu naiki, travelers?

Simak Video “Maskapai Penerbangan Internasional Terburuk 2023, Juaranya dari Indonesia”[Gambas:Video 20detik](ilf/fds)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *