Heboh Google Hapus Gmail 1 Agustus 2024, Ini Penjelasannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Beredar surat pemberitahuan Google ke beberapa pengguna Gmail yang menyebutkan layanan pesan elektronik itu akan dihapus mulai 1 Agustus 2024.

Salah satu pengguna yang mendapat pemberitahuan itu lantas membagikannya ke X dan bikin geger netizen.

Dalam surat tersebut, Google mengatakan bahwa Gmail akan secara resmi tutup usia atau diistilahkan sang raksasa mesin pencari ‘sunsetted’.

Namun, beberapa jam setelahnya, akun X resmi Gmail mengonfirmasi bahwa layanannya akan terus ada. “Gmail akan selalu ada”, tulis akun tersebut.

Ternyata, yang dihapus oleh Google adalah versi HTML Basic dari Gmail. Sebagai informasi, jika browser yang Anda gunakan sudah mendukung versi Gmail terbaru, maka tak ada masalah dengan pengumuman ini.

Gmail versi HTML Basic merupakan antarmuka layanan email tersebut dengan fitur terbatas dan desain lawas.

Nantinya, browser versi lawas yang tak mendukung Gmail terbaru tak bisa lagi membuka layanan itu dengan versi HTML Basic. Untuk itu, ada baiknya Anda memperbarui browser dengan versi terbaru.

Ada beberapa fitur Gmail yang tak tersedia pada versi HTML Basic. Misalnya saja fitur chat, pengecek ejaan (spell checker), shortcut keyboard, serta format kompleks lainnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Laptop Jadul Tak Bisa Buka Gmail Tahun Depan, Ini Kata Google


(fab/fab) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *