Gunung Lewotobi Kembali Erupsi di Awal 2024, Kini Statusnya Siaga

Daftar Tingkat Aktivitas Gunung Api di Indonesia (3 Januari 2024)*

A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur kembali mengalami erupsi pada Senin (1/1/2024) setelah mengeluarkan asap kawah nonstop selama sepekan terakhir.

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental Pusat Vulkanologi & Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tingkat aktivitas Gunung Api Lewotobi Laki-laki dinaikan dari Level II (Waspada) ke Level III (Siaga), terhitung mulai 1 Januari 2024 pukul 04:00 WITA.

Penetapan status itu berdasarkan hasil pengamatan visual selama periode 1 Desember 2023 hingga 31 Desember 2023 yang menunjukkan bahwa aktivitas vulkanik gunung tersebut mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu dengan teramatinya kolom asap dengan tinggi berkisar 300-800 meter dari kawah pusat maupun dari rekahan yang berada disebelah barat laut puncak.

Menurut PVMBG, munculnya rekahan baru pada arah timur laut pada tanggal 1 Januari 2024 menunjukkan, aktivitas hembusan asap kawah semakin melebar sehingga tingkat ancaman akan semakin meningkat.

Adapun berdasarkan pengamatan kegempaan pukul 06.00-12.00 WIB Rabu (3/1/2024), terdapat tiga kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 10,5-14,8 milimeter (mm) dan lama gempa 14-56 detik. Kemudian, ada masing-masing 1 kali gempa vulkanik dangkal gempa vulkanik dalam.

Selain itu, tercatat ada 1 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 7,4 mm dan lama gempa 98 detik. Ada pula 1 kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 2,9-3,7 mm.

PVMBG mengimbau, masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung/wisatawan agar membatasi aktivitas (tidak berlama-lama) dan tidak bermalam di area kawah aktif, serta tidak mendekati lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah untuk menghindari potensi bahaya gas beracun.

Selain Gunung Api Lewotobi Laki-laki, ada tiga gunung aktif lainnya di Indonesia berstatus level III (Siaga) alias dapat berlanjut ke letusan.

Ketiga gunung tersebut yakni Gunung Anak Krakatau di Lampung, Gunung Merapi di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta Gunung Semeru di Jawa Timur.

Berikutnya, ada 20 gunung aktif di Indonesia yang berstatus level II (Waspada), di antaranya Gunung Awu di Sulawesi Utara dan Gunung Dukono di Maluku Utara, yang dilaporkan erupsi pagi tadi (3/1/2024).

Kemudian, sebanyak 44 gunung aktif di Indonesia berstatus level I (Normal). Di antaranya Gunung Agung di Bali, Gunung Ciremai di Jawa Barat, hingga Gunung Wurlali di Maluku.

Meski demikian, menurut PVMBG, sejauh ini tak ada gunung api di Indonesia yang berstatus level IV (Awas).

Secara total, terdapat 127 gunung api aktif di Tanah Air saat ini (sekitar 13% jumlah gunung api di dunia). Namun, hanya ada 68 gunung api aktif yang dipantau oleh PVMBG.

(Baca: Deretan Gunung Api Indonesia dengan Letusan Terbanyak pada 2023)

Editor :
Erlina F. Santika

Data Terkait
Data Stories Terkini
Data Populer

Lihat Semua

Databoks Indonesia (@databoks.id)

Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata
Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *