Gibran Raih Sentimen Negatif Terbanyak sampai H+1 Debat Cawapres

Sentimen Warga Twitter terhadap Cawapres sampai H+1 Debat Pilpres Seri Keempat (21-22 Januari 2024)

A Font Kecil
A Font Sedang
A Font Besar

Menurut lembaga analisis media sosial Drone Emprit, cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, paling banyak meraih sentimen negatif dari warganet di Twitter/X usai Debat Pilpres seri keempat sampai H+1.

Drone Emprit menghimpun data ini mulai 21 Januari 2024 pukul 22.00 WIB sampai 22 Januari 2024 pukul 23.59 WIB. 

Dalam periode tersebut Gibran di-mention sebanyak 512 ribu kali oleh pengguna Twitter. Namun, mayoritas atau 66% cuitannya berkonotasi negatif.

“Kata seperti ‘songong, tengil, niradab, cringe, ad hominem’, menjadi pendorong perbincangan negatif tentang Gibran,” tulis pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, dalam cuitan di Twitter pribadinya, Selasa (23/1/2024).

Ada juga 28% sentimen positif untuk Gibran, didorong sikapnya yang dinilai bertika dengan minta maaf dan mengucapkan terima kasih. Kemudian 6% sentimen netral. 

Di sisi lain, cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, mendulang sentimen positif tertinggi tertinggi dengan angka 78%. 

“Perbincangan positif pada Muhaimin didapat dari apresiasi atas sindiran pada Gibran (catatan MK, etika), berpelukan dengan Anies, serta guyonan tidak jadi diculik ke Rengasdengklok,” tulis Ismail.

Muhaimin juga meraih 9% sentimen negatif di Twitter, lantaran ia dinilai tidak menyinggung masifnya penggunaan batu bara di Indonesia dan membawa contekan. Lalu 12% sebutan lainnya berisi sentimen netral.

Terakhir, cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mendapatkan sentimen positif 71% di Twitter, terutama karena sikapnya yang dinilai sabar dan tegas saat menghadapi aksi gimik Gibran.

Namun, Mahfud tak terbebas dari sentimen negatif. “Sebanyak 11% di antaranya bernada negatif, terutama netizen menilai sebagai Menkopolhukam incumbent Mahfud tidak berhasil mengasah pedang hukum Indonesia,” tulis Ismail.

(Baca juga: Prabowo-Gibran Jadi Paslon dengan Interaksi Tertinggi di TikTok)

Editor :
Adi Ahdiat

Data Terkait
Data Stories Terkini
Data Populer

Lihat Semua

Databoks Indonesia (@databoks.id)

Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata
Indonesia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *