Gibran Pernah Ngutang di Bank, Tak Sanggup Bayar Cicilan

Jakarta, CNBC Indonesia – Publik mengenal Gibran Rakabuming sebagai anak sulung Presiden Joko Widodo. Terlepas dari latar belakang keluarganya, dia juga adalah seorang pengusaha. 

Sebelum terjun ke dunia politik, pria berumur 36 tahun itu menekuni bisnis di bidang makanan dan minuman. Bisnisnya yang paling terkenal adalah Chilli Pari, perusahaan catering yang berbasis di Surakarta. Bisnis Gibran itu, selain menawarkan layanan catering, juga menyediakan gedung pertemuan, dekorasi, hingga rias pengantin. 

Meski begitu, perjalanan Gibran sebagai pengusaha tidak mulus. Ia mengaku sempat tak mampu membayar angsuran utangnya di bank. 

“(Ada) utang bank, enggak bisa mengangsur bunga. Itu hal biasa,” tutur Gibran, saat menceritakan kisah jatuh bisnisnya, seperti yang dikutip CNBC Indonesia dari akun TikTok @majubersamagibran pada Selasa (23/1/2024). 

Dia juga tak memungkiri banyak bisnisnya yang bangkrut. Setidaknya ada empat usaha Gibran yang gulung tikar, yaitu Goola, Ternakopi, Madhang, dan Siap Mas. 

Bagi Gibran, jatuh-bangun dalam berbisnis adalah hal biasa yang pasti dialami semua pengusaha. 

“Kita kalau yang namanya pengusaha pasti seringlah mengalami kegagalan, ditipu orang, atau pegawai resign bikin brand sendiri, itu sesuatu hal yang biasa,” katanya. 

Setelah terpilih sebagai Wali Kota Solo, Gibran tak lagi aktif mengurus bisnis. Dia mengaku ingin fokus di bidang pengabdian masyarakat lewat jalur politik. 

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo Cuma Rp2,1 Juta, Tapi…


(hsy/hsy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *