Geger, Penumpang Scoot Kehilangan Uang Rp 360 Juta di Penerbangan

Jakarta

Penerbangan Scoot dibuat gempar dengan sebuah kejadian tidak mengenakkan. Tiga penumpang kehilangan uang ratusan juta saat pesawat mengangkasa.

Dilansir dari Channel News Asia pada Rabu (20/12/2023), tiga korban itu tidak disebutkan jati dirinya. Hanya pelakunya yang disebutkan oleh kepolisian. Peristiwa itu terjadi dalam penerbangan dari Ho Chi Minh, Vietnam ke Singapura pada Sabtu (16/12).

Pelaku pencurian itu turis China bernama Zhang Xiuqiang (52). Dari hasil penyelidikan sementara, Zhang didakwa mencuri uang tunai dolar Singapura, USD, dan uang Dong Vietnam dari tas ketiga penumpang. Uang yang dicurinya senilai Rp 360 jutaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jika terbukti bersalah, Zhang bisa menghadapi hukuman tiga tahun penjara, denda atau keduanya.

Zhang dikembalikan untuk penyelidikan dan akan kembali ke pengadilan pada 22 Desember.

Kasus pencurian uang di pesawat bukan kali ini saja terjadi. Kepolisian Singapura (SPF) memperingatkan pada 2012 bahwa anggota sindikat kejahatan China diyakini mencuri uang dari tas penumpang dalam penerbangan.

Singapore Airlines (SIA) menolak mengungkapkan jumlah pencurian pada penerbangannya, namun awak kabin disarankan untuk waspada.

Pada bulan September 2013, dua pria dijatuhi hukuman 16 bulan penjara, hukuman terberat pada saat itu, karena serangkaian pencurian dalam penerbangan di pesawat. Dua pria itu termasuk di antara delapan orang yang dipenjara pada hari yang sama dalam lima kasus pencurian terpisah di penerbangan SilkAir dan Tiger Airways.

Jika terbukti melakukan pencurian di pengadilan Singapura, pelanggar dapat menghadapi hukuman tiga tahun penjara, denda, atau keduanya per dakwaan.

Pada bulan Oktober, polisi Hong Kong juga memperingatkan lonjakan pencurian di pesawat setelah membongkar sindikat kejahatan yang menyasar kartu kredit penumpang dan uang tunai. South China Morning Post (SCMP) melaporkan 13 kasus pencurian dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Surat kabar tersebut mencatat hanya ada dua insiden pada tahun 2022 dan satu insiden pada tahun 2021.

Pada bulan September, Biro Polisi Penerbangan Taiwan menangkap seorang pria karena diduga mencuri uang tunai dari tas jinjing penumpang lain dalam penerbangan dari Tokyo ke Taipei.

Menurut laporan Business Insider pada Juli 2022, seorang pria ditangkap setelah dituduh mengambil uang tunai lebih dari USD 10.000 dari dua penumpang selama penerbangan American Airlines dari Buenos Aires ke Miami.

Simak Video “Catatan Kinerja Ditjen Perhubungan Udara”[Gambas:Video 20detik](bnl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *