Foto Kecelakaan Kereta Turangga dan Baraya, Gerbong Terguling

Pool – detikTravel

Jumat, 05 Jan 2024 13:20 WIB

Jakarta – Kereta Api Turangga bertabrakan dengan KRL Commuter Line Bandung Raya di Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi. Gerbong kereta terguling dan patah.

Tabrakan KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya terjadi di antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka tepatnya di lokasi Km 181. (Raisan Al Farisi/Antara)

Gerbong kereta terguling. Penampakan kereta api setelah terjadi tabrakan dilihat dari angkasa. (Raisan Al Farisi/Antara)

Kedua kereta merupakan kereta penumpang, KA Turangga diisi sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang. Dari sleuruh penumpang itu sebanyak 37 penumpang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat. (Raisan Al Farisi/Antara)

Dari kecelakaan itu terdapat empat korban jiwa, yakni empat petugas kereta api, terdiri dari: masinis, asisten masinis, pramugara dan security. (Wisma Putra/detikcom)

Untuk mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang akan melintas di jalur tersebut, KAI tengah melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain. (Wisma Putra/detikcom)

Dalam rilisnya, Jumat (5/1/2024) KAI menyampaikan permintaan maaf atas terganggunya pelayanan. Saat ini mereka sedang melakukan proses penanganan dan evakuasi di lokasi kecelakaan. (Wisma Putra/detikcom)

Akibat kecelakaan itu, operasional 19 kereta api terdampak. Sebanyak sembilan kereta batal beroperasi, sedangkan 10 kereta bisa beroperasi tetapi dengan jalur memutar. Jika seharusnya melalui jalur Bandung – Cicalengka – Banjar – Kroya, kini dialihkan menjadi Bandung – Cikampek – Cirebon – purwokerto – Kroya. (dok. Basarna

Foto: Dok. BASARNAS

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) segera menginvestigasi penyebab kecelakaan kereta api (KA) di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. (dok. Basarnas)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *