Festival UMKM Buleleng, Dukungan untuk Produk Lokal

Denpasar

Pendopo menghadirkan Festival UMKM Buleleng dalam komitmen pengembangan produk lokal. Lokasinya di Living World Denpasar.

Acara ini dilaksanakan selama empat hari, pada 7 – 10 Desember 2023. Pendopo merupakan merek usaha Kawan Lama Group yang menjadi rumah bagi UMKM lokal.

Mereka telah bekerja sama dengan lebih dari 200 UMKM di nusantara. Berdiri sejak 2011, dengan slogan “Ragam Satu Negeri”, Pendopo berperan sebagai ekosistem pendorong pengembangan produk lokal dan pelestarian budaya Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejak awal Juni 2023, Pendopo menghadirkan program pendampingan dan pelatihan untuk UMKM tekstil dan pakaian yang dilaksanakan di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) milik Pemerintah Kabupaten Buleleng di Jl. Ahmad Yani, Singaraja, Kecamatan Buleleng. Pelatihan ini menjangkau lebih dari 40 penjahit lokal, ibu rumah tangga, juga pelajar di Kabupaten Buleleng.

Sebagai puncak acara rangkaian program pendampingan dan pelatihan UMKM, Pendopo berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng dan didukung oleh Bank Mandiri menggelar Fashion Show Buleleng Kita Kita di Amphitheater Living World Denpasar pada Jumat, 8 Desember 2023.

Festival UMKM Buleleng (Foto: Ni Made Nami Krisnayanti/detikcom)

Festival ini diikuti oleh lebih dari 40 UMKM dari Kabupaten Buleleng, mulai dari UMKM lukisan, kriya, dan kuliner. Festival UMKM Buleleng diadakan mulai Kamis hingga Minggu, 7-10 Desember di lantai B1 Living World Denpasar.

“Saya sih pertama kali ikut kegiatan seperti ini, masih memperkenalkan produk. Pembelinya juga lumayan banyak. Festival ini bermanfaat ya bagi kita UMKM yang baru memulai usaha. Sementara pasarannya kan di Buleleng aja, harapannya bisa memasarkan di sini,” ujar Dwi Kusuma selaku owner BaliBel, salah satu peserta.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi Kabupaten Buleleng, Dewa Made Sudiarta, juga mengapresiasi inisiatif dari Pendopo untuk membina dan mendukung UMKM lokal di Buleleng.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Pendopo. Harapannya, kegiatan ini menginspirasi berbagai komunitas dan pelaku UMKM di Buleleng agar terus bersemangat untuk berkarya dan bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buleleng. Semoga kegiatan ini tidak menjadi akhir namun menjadi awal terciptanya kolaborasi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Simak Video “Mengintip Tempat Refreshing Raja Karangasem Zaman Dulu”[Gambas:Video 20detik](msl/msl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *