Diduga Tidak Netral, Dua Kades di Solor Kena Teguran Bawaslu Flores Timur

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kabelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA-Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT, bersikap tegas terhadap dua kepala desa (Kades) di Pulau Solor yang diduga kurang menjaga netralitas Pemilu 2024.

Pejabat publik tingkat desa itu diantaranya, Kades Desa Motonwutun di Kecamatan Solor Timur, Mildan Muhamad, dan Kades Tanah Werang di Kecamatan Solor Timur, Abdul Syukur Latif.

Keduanya memposting foto bersama seorang calon legislatif (Caleg) DPR RI. Postingan dalam bentuk foto profil di akun facebook sekirs dua pekan lalu itu berujung teguran keras Bawaslu Flores Timur.

Ketua Bawaslu Flores Timur, Ernesta Katana, Jumat, 22 Desember 2023, mengatakan dua oknum kades itu sudah menghapus foto profil pasca diberi peringatan.

Baca juga: Musim Hujan dan Badai Jadi Penghambat Pemilu 2024 di Flores Timur NTT

“Foto profil mereka di facebook itu bersama caleg. Jadi kita terapkan aspek pencegahan,” katanya di ruangan kerjanya.

Ernesta menjelaskan, meski tidak ada unsur mengajak dan menggunakan akun medsos pribadi, namun jabatannya sebagai kepala desa tetap melekat.

Menurutnya, postingan di ruang publik virtual seperti itu dapat menimbulkan penafsiran bahwa ada unsur keberpihakan tethadap caleg tertentu.

“Masih banyak yang belum memahami soal netralitas itu seperti apa. Biar media pribadi dan masih hubungan keluarga, tapi jabatan selalu melekat,” pungkasnya.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *