California Tutup Pantai Populernya Demi Singa Laut

San Diego

Dewan Kota San Diego sepakat untuk menutup akses bagi wisatawan ke bebatuan karang di Point La Jolla dan Pantai Boomer. Hal ini terkait dengan keluhan warga dan adanya aktivitas singa laut.

Dilansir dari Fox Weather, Jumat (2/2/2024) salah satu daya tarik kedua pantai ini adalah bisa melihat kelompok singa laut dari dekat. Namun, sepertinya banyak yang cemas karena manusia dianggap terlalu dekat dengan singa laut liar.

“Orang-orang akan dilarang untuk pergi ke bebatuan di Point La Jolla dan Pantai Boomer jika tujuan Anda benar-benar masuk ke dalam air untuk berenang, untuk bermain paddle boarding. Anda masih diizinkan masuk ke dalam air,” kata Joe LaCava, anggota dewan kota yang mewakili La Jolla.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, penutupan kawasan ini dilakukan per musim. Para aktivis singa laut menyambut dengan senang keputusan penutupan permanen ini. Namun, sebaliknya para wisatawan tidak senang akan hal ini.

Sebelas hari sebelum pemungutan suara dewan kota pada 18 September 2023 lalu, Komisi Pesisir California dengan suara bulat menyetujui rencana kota untuk menutup area berbatu antara Pantai La Jolla Cove dan Pantai Boomer dari publik sepanjang tahun. Tujuannya untuk memisahkan manusia dan singa laut.

“Sementara wisatawan mungkin ingin membawa anak-anak mereka untuk melihat dari dekat dan berfoto selfie dengan singa laut liar, Undang-Undang Perlindungan Mamalia Laut merekomendasikan untuk melihat dari jarak 50 kaki,” kata juru bicara Sierra Club Seal Society dalam rilisnya.

“Setiap gangguan singa laut yang diartikan sebagai perubahan perilaku termasuk melihat ke arah Anda atau menjauh atau menggeram akan dikenakan denda,” tambahnya.

[Gambas:Instagram]

Pada bulan Juli 2023 lalu, pengguna Instagram @whoisjaphet membagikan video yang menunjukkan dua singa laut ‘mengambil alih’ pantai di tengah keramaian musim panas di La Jolla Cove yang berbatu. Para pengunjung melarikan diri setelah singa laut itu tampak menyerang orang-orang di pantai.

“Tolong beri singa laut jantan besar itu banyak ruang,” terdengar suara penjaga pantai melalui pengeras suara dalam video. “Mereka menggigit manusia, dan mereka adalah hewan yang dilindungi,” tambahnya.

Pemerintah kembali menegaskan, bahwa area rekreasi di kedua pantai ini masih dibuka untuk wisatawan. Yang ditutup adalah akses menuju area bebatuan karang, yang menjadi sarang para singa laut untuk berkembang biak.

“Tidak ada rencana untuk menutup pantai La Jolla Cove bagi penyelam, perenang, peselancar, dan pengunjung pantai karena ini bagian penting dari (rekreasi) bagi orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut, bagi pengunjung di kawasan tersebut,” ujar LaCava.

Pembatasan ini akan berlaku selama tujuh tahun. Kota tersebut perlu mengajukan amandemen lain atau izin pembangunan pesisir baru.

Simak Video “Siswa di California Wajib Belajar Literasi Media agar Melek Hoax”[Gambas:Video 20detik](sym/msl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *