Bupati Agas Andreas : Jangan Bangga Orang Banyak Berobat

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONGBupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum meresmikan gedung Puskesmas Afirmasi prototype Lenang di Lonto Ulu, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Jumat 26 Januari 2024 kemarin. 

Hadir juga, Wakil Bupati Siprianus Habur, pimpinan OPD, Camat Lamba Leda Selatan, Kapospol Mano dan Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan, Pastor paroki Tanggar Romo Jhon Tala dan undangan lainya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Agas menekankan agar jangan banga ketika banyak orang mau berobat di Puskemas tetapi bangga ketika banyak masyarakat yang sehat karena pelayanan petugas kesehatan. 

Pelayanan kesehatan kepada masyarakat jangan seperti pemadam kebakaraan yang tunggu kejadian luar biasa, baru mulai sibuk untuk memberikan pertolongan,” ujarnya.

Baca juga: Manggarai Barat dan USAID ERAT Kolaborasi Turunkan Angka Stunting

Menurut Bupati Agas, Puskesmas sebagai salah satu fasilitas dan ujung tombak sistem pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam menyelenggarakan upaya kesehatan yang harus memenuhi berbagai syarat yakni tersedia, berkesinambungan, dapat diterima dan wajar, mudah dicapai, dijangkau dan bermutu.

Masih menurut Bupati Agas, agar tercapai derajat kesehatan  yang optimal peran tersebut pada dewasa ini semakin dituntut akibat adanya perubahan-perubahan epidemiologi seperti penyakit, perubahan struktur organisasi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan, perubahan sosial ekonomi masyarakat dan pelayanan yang lebih efektif, ramah dan sanggup memenuhi kebutuhan mereka.

Dikatakan Bupati Agas, pemerintah telah bersungguh-sungguh dan terus menerus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan baik kepada masyarakat. 

Untuk itu Puskesmas diharapkan dapat bertindak sebagai motivator, fasilitator dan turut serta mamantau terselenggaranya proses pembangunan di wilayah kerjanya yang mendukung terciptannya lingkungan dan perilaku sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur dr Surip Tintin menerangkan, Puskesmas Lenang dibangun pada tahun 2023 bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK). Pembangunan Puskesmas tersebut juga melalui pembahasan dengan Kementrian Kesehatan dan Puskesmas Lenang menjadi salah satu lokusnya. 

Adapun pembangunan gedung Puskesmas tersebut yakni pembangunan gedung Puskesmas pagu sebesar Rp 7.576.409.000, rumah dinas Kopel pagu sebesar Rp 873.420.000, IPAL pagu Rp 651.985.000, prasarana listrik (solar shel) dengan pagu sebesar Rp 973.450.000,

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *